Best Practice Penggunaan Google Classroom dan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Daring Bagi Siswa SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses Pembelajaran daring kelas V di SDN 2 Patalan menggunakan aplikasi Google Classroom dan Google Site sebagai bagian integral dalam googledrive. Aplikasi ini digunakan dalam membantu menggali informasi dan media dalam Pembelajaran daring non tatap muka. Google Classroom dan Google site diterapkan sebagai media pembelajaran daring pada masa pandemi Covid- 19. Penelitian dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara a) Observasi b) Wawancara, c) Tes Praktek. Adapun jenis instrumen yang digunakan di antaranya: a) lembar pengamatan, pedoman wawancara, c) lembar penilaian tes praktek. Hasil penelitian ini diperoleh data sebanyak 86,4 % menggunakan Google Classroom dan Google site dari kelas V dalam Pembelajaran daring. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Google Classroom dan Google site terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring.
This study aims to describe the online learning process for class V at SDN 2 Patalan using the Google Classroom application and Google Site as an integral part of GoogleDrive. This application is used to help dig up information and media in non-face-to-face online learning. Google Classroom and Google site were applied as online learning media during the Covid-19 pandemic. The research was carried out through the stages of planning, implementation, observation, and reflection. Data collection is done by a) Observation b) Interview, c) Practice Test. The types of instruments used include: a) observation sheets, interview guidelines, c) practice test assessment sheets. The results of this study obtained data as much as 86,4 % using Google Classroom and 98% using the Google site, it can be obtained on average from the use of these two applications as many as 92.5% of students from class V in online learning. Thus, it can be concluded that the use of Google Classroom and Google site media is proven to increase students' learning motivation in online learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20–32. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891
Islamiah, I. N. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Jombang. [Doctoral Dissertation]. Surabaya: Universitas Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/46854/
Muri, Y. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Gabungan (4th ed.). Kencana.
Nurani, N. I., Uswatun, D. azwar, & Maula, L. H. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PGSD, 6(1), 50–56. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JPS
Sangadah, khotimatus, & Kartawidjaja, J. (2020). Perspektif Guru Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pembelajaran Daring. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9.
Susanto, D. A. (2019). Google Classroom dan Whatsapp Group Sebagai media Pembelajaran Jarak Jauh Kelas VI SD. 87–96.
Syafriafdi, N. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 06(01), 1–8.
View Counter: Abstract - 170 and PDF - 109
Refbacks
- There are currently no refbacks.