Meningkatkan Pendidikan Karakter Pancasila di SDN Tempelan Kabupaten Blora Melalui Keteladanan dan Pembiasaan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentangupaya peningkatan pendidikan karakter pancasila di SDN Tempelan Blora. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 5 guru dan 8 peserta didik. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan informan dan observasi terhadap suatu obyek atau situasi. Data sekunder berupa penelusuran dokumen. Teknik analisis data penelitian dilakukan dengan teknik analisis kualitatif yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) nilai-nilai karakter yang dikembangkan meliputi nilai-nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, dan lingkungan serta kebangsaan. 2) Kepala sekolah sebagai edukator dalam implementasi pendidikan karakter ditunjukkan dengan melakukan program kegiatan pembiasaan, kegiatan belajar mengajar, pembinaan dan motivasi kepada guru, memberi keteladanan, dan memberikan arahan tentang pendidikan karakter. 3) Kepala Sekolah sebagai manajer ditunjukkan dengan menerapkan pengelolaan manajemen terbuka.. 4) Kepala sekolah sebagai inovator ditunjukkan dalam pembinaan personalia, fasilitas fisik, prosedur pendidikan karakter, hubungan sistem-sistem yang lain, dan strategi pendidikan karakter yang inovatif. Dengan demikian, keteladanan dan pembiasaan dapat meningkatkan karakter di sekolah.
This study aims to examine efforts to improve Pancasila character education at SDN Tempelan Blora. This research is qualitative descriptive research. The research subjects consisted of 5 teachers and 8 students. Primary data sources were obtained through direct interviews with informants and observation of an object or situation. Secondary data in the form of document search. Research data analysis techniques were carried out using qualitative analysis techniques, namely data collection, data presentation, data reduction, verification and drawing conclusions. The results of the research show that 1) the character values that are developed include the values of human behavior in relation to God Almighty, oneself, fellow human beings, and the environment and nationality. 2) The school principal as an educator in the implementation of character education is demonstrated by carrying out habituation activities, teaching and learning activities, coaching and motivating teachers, setting an example, and providing direction on character education. 3) The school principal as a manager is shown by implementing open management. 4) The school principal as an innovator is shown in developing personnel, physical facilities, character education procedures, relations with other systems, and innovative character education strategies. Thus, exemplary and habituation can improve character in schools.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 249. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952
Kesuma, D., A. (2010). Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger. Jakarta: Grasindo.
Nurhafsah, N., & Dewi, D. A. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kehidupan Sebagai Pembentukan Karakter Bangsa di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1257–1266.
Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119–128.
Sakinah, R. N., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Para Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Revolusi Industrial 4.0. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 152–167.
https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1432
Samani, M & Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Sukarno, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Era Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional 2020, 1(3), 32–37.
View Counter: Abstract - 175 and PDF - 475
Refbacks
- There are currently no refbacks.