Pemanfaatan Sistem Operasi Android Sebagai Media Pembelajaran Biologi

Muthia Try Fatma, Rahmadhani Fitri

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi sebagai media pembelajaran sangat disarankan untuk pendidikan abad ke-21. Dengan adanya media pembelajaran yang bervariasi mampu meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar. Sistem operasi android yang beragam dapat membantu guru untuk mewujudkan kriteria pendidikan abad ke-21. Tujuan pembuatan artikel review ini adalah untuk mengetahui manfaat sistem operasi android sebagai media pembelajaran biologi. Metode yang digunakan adalah literature review dengan jumlah artikel yang di review yaitu sebanyak 20 artikel. Berdasarkan hasil literature review penggunaan aplikasi sebagai media pembelajaran dinilai bermanfaat dan efektif meskipun tidak dilakukan secara nyata serta mempengaruhi hasil belajar peserta didik.

The use of information technology as a learning medium is highly recommended for 21st century education. With the varied learning media can increase the motivation of students in learning. Diverse android operating systems can help teachers to realize the criteria of 21st century education. The purpose of making this review article is to find out the benefits of the Android operating system as a medium for learning biology. The method used is a literature review with the number of articles reviewed as many as 20 articles. Based on the results of a literature review, the use of applications as learning media is considered useful and effective even though it is not carried out in real terms and affects student learning outcomes.

 

Keywords

Sistem operasi; Android; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References

Akbar, M. N., Dama, L., & Khalil, M. (2022). Studi Eksploratif Pemanfaatan Media Pembelajaran Biologi dalam Proses Pembelajaran Hybrid pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Gorontalo. Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 13(2), 55–60.

https://doi.org/10.24815/jbe.v13i2.24265

Aldya, R. F. & Arifendi, R. F. (2021). Botanical application: Android-based learning media to enhance interest in learning plant material. Edubiotik: Jurnal pendidikan, Biologi, dan Terapan, 6(1), 17-25.

Ali, M. (2010). Development of Learning Media Based on Information Technology. Indonesian Accounting Education Journal, Vol. VIII.(2).

Aripin, I. (2018). Mobile Learning Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran Biologi. Bio Educatio, 3(1), 01–09.

Ariyanto, A., Priyayi, D. F., & Dewi, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Di Sekolah Menengah Atas (Sma) Swasta Salatiga. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(1), 1.

https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i1.1377

Awalia, L. M., Pratiwi, I. A., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa di Desa Karangmalang. Jurnal Basicedu, 5(5), 3940–3949.

Ayun, Q. & Irwansyah, I. P. (2022). Students' perception of the use quizizz as an online learning media for biology. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 15(1), 147-158.

Faraniza, Z. (2021). Blended learning best practice to answer 21st century demands. Journal of Physics: COnference Series, 1940, 1-9.

Ikhsan, M. (2019). Identifikasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Biologi Dan Korelasinya Dengan Disposisi Berpikir Kritis Siswa Di Sma Negeri 2 Labuapi. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(3), 362–366.

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Redoks : Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 3(2), 8–12.

https://doi.org/10.33627/re.v3i2.417

Kim, S., Raza, M., & Seidman, E. (2019). Improving 21st century teaching skills: The key to effective 21st century learners. Research in Comparative & International Education, 14(1), 99-117.

Kuswanto, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI. Indonesian Journal of Business Intelligence, 3(2), 54–60.

Makdalena, R., Rambitan, V. M. M., Palenewen, E. (2019). The teachers' problems on the development of biology learning materials through duided inquiry learning model. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1), 18-24.

Munawaroh, H., Sudiyanto, & Riyadi. (2018). Teachers' perception of innovative learning model toward critical thinking ability. International Journal of Educational Methodology, 4(3), 153-160.

Omenge, O. R., & Priscah, M. J. (2016). Understanding the Utilization of Instructional Media in Training Health Professionals. Journal of Nursing and Health Science, 5(3), 3-5.

Patmawati, D., Nurhayati, F., Amalia, L., & Herlina. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan Kelas VII SMP/MTs. 1, 238–242.

Putranadi, K., Wahyuni, D. S., & Agustini, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Struktur Pernapasan Dan Ekskresi Manusia Untuk Kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(3), 300.

Rahimah, R., Juriah, N., Karimah, N., Hilmatunnisa, H., & Sandra, T. (2021). The Problem and Solutions for Learning Activities during Covid-19 Pandemic Disruption in Hidayatul Insan Pondok School. Bulletin of Community Engagement, 1(1), 13–20.

Rifai, A., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Media Mobile Learning Sebagai Pendukung Sumber Belajar Biologi Siswa SMA. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p010

Riyadi & Rahayu, Y. S. (2017). Strengthening the 21st century skills of elementary school students through the implementation of project based learning. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 103, 253-255.

Serdyukov, P. (2017). Innovation in education: what works, what doesn't, and what to do about it ? Journal of Research in Innovative Teaching & Learning, 10(1), 4-33.

Singh, C. K. S., Ong, E. T., Mohtar, T. M. T., Singh, T. S. M., & Mostafa, N. A. (2020). Quality teachers of the 21st century: An overview of theories and practice. International Journal of Innovation, Creativity, and Change, 13(1), 1481-1494.

Subkhan, E. (2019). Book Review, the urgency of philosophical and sociological perspective on educational technology. IJCETS, 7(1), 53-57.

Surahman, E., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 26. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.9723

Surata, I. K., Sudiana, I. M., & Sudirgayasa, I. G. (2020). Meta-Analisis Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Biologi. Journal of Education Technology, 4(1), 22. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24079

Susanto, L. H., et al. (2022). Development of biology learning media based on android to improve students understanding. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 541-547.

Sutejo, & Yogi Ersan Fadrial. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator Di Smk Negeri 2 Pinggir. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 1(2), 45–52. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v1i2.7215

Tarigan, W. P. L., Sipahutar, H., & Harahap, F. (2021). The effect of interactive digital learning module on student's learning activity and autonomy. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 14(2), 196-208.

Ulfah, N. D., Sugiarti, S., & Salempa, P. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Hidrolisis dalam Model Discovery Learning. Chemistry Education Review (CER), 5(1), 50. https://doi.org/10.26858/cer.v5i1.26358

Umamah, N., Sumardi, Marjono, & Hartono, F. P. (2020). Teacher perspective: innovative, adaptive, and responsive instructional design aimed at life skills. IOP Conf. Earth and Environmental Science 485, 1-8.

Wijayanto, B. A., & Sumirat, E. W. (2009). Pembuatan Media Pembelajaran Biologi Sekolah Menengah Tingkat Pertama. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi –, 1(4), 2088–2154.

Wulandari, T. A. J., Sibuea, A. M., & Siagian, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(1), 75–86. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i1.12524

Yessi, M. (2021). Analisis Literasi Digital Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Android Smart Apps Creator (SAC) Dan Instagram Dalam Pembelajaran Koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(1), 38–51.

Yuberti, Wardhani, D. K., & Latifah, S. (2021). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Smart Apps Creator Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(2), 90–95.


View Counter: Abstract - 922 and PDF - 580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.