Keefektifan Model Pembelajaran Team Assisted Individualy dengan Berbantu Permainan Talking Stick dan Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD
Abstract
Guru sebagai seorang pendidik memiliki tugas utama mendidik, membimbing, mengajar, melatih, mengarahkan, dan mengevaluasi serta memajukan pendidikan di Indonesia. Pemilihan model pembelajaran yang tepat menjadi alternatif untuk mencapai tujuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji keefektifan model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan berbantu permainan Talking Stick dan Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi berhitung kelas V SD. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Ringinarum, SD Negeri Ngerjo, dan SD Negeri Wungurejo kecamatan Ringinarum kabupaten Kendal. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 105 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji independen sampel test dengan program SPSS versi 24.00. Hasil penelitian diperoleh t hitung sebesar 0.275 dengan sig 0.784 > 0,05. Hasil post-test kelas eksperimen 1 sebesar 80,28 dan kelas eksperimen 2 sebesar 79,74. Dapat disimpulkan bahwa model Team Assisted Individualization dengan berbantu permainan talking stick dan Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD.
The teacher as an educator has the main task of educating, guiding, teaching, training, directing, and evaluating and advancing education in Indonesia. The selection of the right learning model is an alternative to achieve these goals. The purpose of this study was to examine the effectiveness of the Team Assisted Individualization learning model with the help of Talking Stick games and Problem Based Learning in improving student learning outcomes in fifth grade elementary school arithmetic. The population of the study was the fifthgrade students of SD Negeri 1 Ringinarum, SD Negeri Ngerjo, and SD Negeri Wungurejo, Ringinarum, Kendal district. The sample used is 105 respondents. Technical analysis of the data in this study is an independent sample test with SPSS version 24.00 program. The results obtained t count of 0.275 with sig 0.784 > 0.05. The post-test results of the experimental class 1 were 80.28 and the experimental class 2 was 79.74. It can be concluded that the Team Assisted Individualization model with the help of talking stick games and Problem Based Learning is effective in improving the learning outcomes of fifth grade elementary school students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, Y. (2021). Analisis Persiapan Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2415-2422.
Anitra, R. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 8–12.
Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Penelitian Ilmu Pendidikan. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 5(2), 24–32.
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Nugraha, A. E., & Suyatmin. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD Negeri 2 Neglasari Tasikmalaya. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 2(1), 12-21.
Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika : studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1. 224–232.
Slavin. (2010). Cooperative Learning Theory, Research, and Practice. Nusa Media.
Sudjana, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Gravindo Persada.
Sulastri, A. (2016). Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 156–170.
Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Pustaka Belajar.
Tandililing, E., & Belakang, L. (2013). Dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 9, pp. 194-202).
Widyantini. (2006). Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kooperatif. Depdiknas.
View Counter: Abstract - 169 and PDF - 183
Refbacks
- There are currently no refbacks.