Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Media Spinning Wheels Untuk Meningkatkan Aktivitas & Hasil Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran blended learning berbasis media spinning wheels. Metodologi penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Langkah-langkah PTK yaitu sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 1 Bringin Kab Semarang yang berjumlah 34 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran blended learning dengan media spinning wheels dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 1 Bringin Kab Semarang. Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari banyaknya peserta didik yang aktif dalam kegiatan pembelajaran, selain itu hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII E, dapat dilihat dari siklus I didapatkan persentase ketuntasan klasikalnya sebesar 17.65%. Siklus II mengalami peningkatan dimana persentase ketuntasan klasikalnya mencapai 94.12%.
This study aims to improve students' activities and to learn outcomes through the application of a blended learning model based on spinning wheels media. The methodology of this research is Classroom Action Research (CAR) which is used to improve the learning process in the classroom. The CAR steps are as follows: planning, implementation, observation, and reflection, carried out in 2 cycles. The subjects of this study were students of class VIII E of SMP Negeri 1 Bringin, Semarang Regency, totaling 34 students. This study indicates that the application of the blended learning model with spinning wheels media can increase the activity and learning outcomes of class VIII E students of SMP Negeri 1 Bringin, Semarang Regency. The increase in learning activities can be seen from the number of active students in learning activities. In addition to the cognitive learning outcomes of class VIII E students, what can see from the first cycle is that the percentage of classical completeness is 17.65%. Cycle II experienced an increase where the rate of classical completeness reached 94.12%.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aulia. (2016). Penerapan Metode Tanya Jawab dalam Bentuk Roda Keberuntungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Seri Tanjung Kabupaten Ogan Ilir. [Doctoral Dissertation]. Jurusan Pendidikan Agama Islam: UIN Raden Fatah Palembang.
Amin, A. K. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51–64.
Fathonatun Nisak U.M. (2016). Pengembangan Permainan Question Wheel Sebagai Media Pembelajaran Untuk Melatih Keaktifan Menjawab Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jamur. BioEdu, 5(3), 248727.
Hariyati, E. & Norida C.S 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Spinning Question Pada Kompetensi Dasar Kerja Sama Ekonomi Internasional Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Porong. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6 (3). 310-315.
Husamah. 2013. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Malang: Prestasi Pustaka Publisher.
Kurniadewi, N. 2019. Penggunaan Media Roda Putar Puzzle Pintar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa SD Application of Media Swivel Wheel Smart Puzzle To Improve IPS Learning Achievement. Jurnal Teknodik, 23 (3), 79–89.
Kusumah, W. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.
Manggabarani, A. F., Sugiarti, & Masri, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab.Wajo (Studi Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur). Jurnal Chemica, 17(2), 83–93.
Marlina, E. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink. Jurnal Padegogik, 3(2), 104–110. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2339
Priono, A. I., Purnawan, P., & Komaro, M. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Menggambar 2 Dimensi Menggunakan Computer Aided Design. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 129. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15179
Rahmawati, A., Ismaya, E. A., & Roysa, M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Media Roda Putar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 2(4), 283–296. https://doi.org/10.31004/joe.v2i4.321
Subakti, H. 2020. Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia Tema Lingkungan Sahabat Menggunakan Media Spinning Wheels Kelas V SDN 007 Samarinda Ulu. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 (2), 192–206.
Subakti, H. 2020. Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia Tema Lingkungan Sahabat Menggunakan Media Spinning Wheels Kelas V SDN 007 Samarinda Ulu. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 (2), 192–206.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia
Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969
Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), 1(1), 13–18.
View Counter: Abstract - 662 and PDF - 680
Refbacks
- There are currently no refbacks.