Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Teknik Bang Sansako pada Peserta Didik Kelas IX SMPN 20 Semarang Tahun 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen dengan teknik bang sansako pada peserta didik kelas IX SMPN 20 Semarang. Subjek dalam penelitian ini adalah 35 peserta didik yang terdiri atas 17 orang laki-laki dan 18 perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi obserbasi, wawancara, angket dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan rumus porsentase yaitu %= skor perolehan / skor maksimal x 100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi pratindakan, keaktivan peserrta didik mencapai 54%, ketuntutasan pada aspek keterampilan mencapai 77,14%, sedangkan pada sikap kejujuran dalam orisinalitas ide/gagasan mencapai 83%. Hasil pada Siklus I, keaktifan peserrta didik mencapai 72,25%, ketuntutasan pada aspek keterampilan mencapai 88,57%, dan nilai sikap kejujuran dalam orisinalitas ide/gagasan mencapai 80%. Pada Siklus II, keaktifan peserrta didik mencapai 69,25%, ketuntutasan pada aspek keterampilan mencapai 91,42%, sedangkan nilai kejujuran dalam orisinalitas ide/gagasan mencapai 71%. Dengan demikian, teknik bang sansako dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen peserta didik.
This study aims to improve short story writing skills using the bang sansako technique for class IX students at SMPN 20 Semarang. The subjects in this study were 35 students consisting of 17 boys and 18 girls. Data collection techniques include observation, interviews, questionnaires, and written tests. The data analysis technique used was using the percentage formula, namely % = acquisition score / maximum score x 100. The results showed that the pre-action conditions, student activity reached 54%, completeness in the skills aspect reached 77.14%, while in the attitude of honesty in originality ideas/ideas reached 83%. The results in Cycle I, the activeness of students reached 72.25%, completeness in the skills aspect reached 88.57%, and the value of honesty in the originality of ideas/ideas reached 80%. In Cycle II, the activeness of students reached 69.25%, completeness in the skills aspect reached 91.42%, while the value of honesty in the originality of ideas/ideas reached 71%. Thus, the bang sansako technique can improve students' short story writing skills.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alifa, N., & Setyaningsih, N. H. (2020). Pengaruh Keterampilan Menyimak Dan Membaca Cerpen Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 98–103.
Azzahra, F., & Zulfikarni, Z. (2019). Kontribusi Penguasaan Unsur Instrinsik Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas IX SMP Negeri 20 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 112.
https://doi.org/10.24036/107467-019883
Muliawan, B. (2020). Analisis Kerangka Dalam Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek. Jurnal Bahasa.
Pujianto, A., Nuryatin, A., & Artikel, I. (2015). Keefektifan Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Model Investigasi Kelompok Dan Model Stad Berdasarkan Tipe Kepribadian Peserta Didik Kelas VII. Seloka - Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 131–139.
Sholeh, K., & Afriani, S. (2016). Teknik Mind Mapping Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 2(2), 27-45.
Setyaningsih, N. H. (2010). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia Dengan Model Sinektiks Yang Dikembangkan. Jurnal Lingua, 6(2), 6–9.
Umar, S. W. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerpen dengan Strategi Copy the Master Melalui Media Audiovisual pada Siswa Kelas IX di SMP Negeri 2 Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(6), 1–15.
Wahyuni, H. E. (2015). Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Iklan Televisi Pada Siswa Kelas Ix-a Smp Negeri 3 Balikpapan. LINGUA: Journal of Language, Literature and Teaching, 12(2), 233–242.
https://doi.org/10.30957/lingua.v12i2.38
View Counter: Abstract - 151 and PDF - 126
Refbacks
- There are currently no refbacks.