Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Siswa Kelas V SD

Jariyah Jariyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas V SD Karanganyar Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdapat tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian pada setiap siklus diuraikan dalam serangkaian kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 2 Karanganyar dengan jumlah peserta didik sebanyak 23 orang yang terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik yaitu dengan persentase ketuntasan mencapai 91,3 serta telah mencapai indokator kebrehasilan yang menyatakan jika persentase ketuntasan peserta didik lebih dari 75% maka penelitian dianggap berhasil.

This study aims to determine the increase in motivation and learning outcomes of students through the make a match type cooperative learning model in fifth grade students at Karanganyar Elementary School, Kendal Regency, in the 2019/2020 academic year. This research was carried out using a classroom action research design. The research was carried out in two cycles and each cycle consisted of three meetings. The research procedures in each cycle are described in a series of planning, implementation, observation, and reflection activities. The research subjects were fifth grade students at SDN 2 Karanganyar with a total of 23 students consisting of 13 male students and 10 female students. Data collection techniques using observation and test techniques. Data analysis techniques using quantitative and qualitative description analysis techniques. The results showed that the cooperative learning model of the make a match type was able to increase the motivation and learning outcomes of students with a completeness percentage of 91.3 and a success indicator which stated that if the percentage of students' completeness was more than 75%, the research was considered successful.

 

Keywords

Hasil belajar; media kartu kata; make a match

Full Text:

PDF

References

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke. Cipta.

Febriana, A. (2011). Penerapan Model-model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Jurnal KREATIF: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 151-161.

Huda, M. (2015). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Novia, E.S. (2015). Penerapan Model Make A Match Utuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Kelas I SDN Sidokare 1 Sidoarjo. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Shoimin, A. (2014(. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sholeh, M & Kadari, K. (2011). Meningkatkan Respon Siswa Kelas VII-D SMP Negeri 15 Purworejo Terhadap Mata Pelajaran IPS Pada Jam Terakhir Melalui PRAMEK (Pembelajaran Rekreatif, Aktif, Menantang,

Efektif, dan Kontekstual). Jurnal Penelitian Pendidikan, 28(1), 5-10.

Sirait, M & Noer PA. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. INPAFI, (Inovasi Pembelajaran Fisika), 1(3), 252-259.

Sugiyanto, (2010). Model-model pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sumartono, W. (2018). Jasmerah: pidato-pidato spektakuler Bung Karno sepanjang masa. Yogyakarta: Laksana,

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


View Counter: Abstract - 350 and PDF - 389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.