Problematika Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran PPKn Berdasarkan Kurikulum Merdeka Di SMAN 7 Medan

Abigael Putra Siallagan, Agung Torang Sitohang, Diandra Joy Hutapea, Riska Marpaung, Sthepany Rut Monika Tobing, Tri Girl Laurensia Simbolon, Jamaludin Jamaludin

Abstract

Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui problematika guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada siswa SMA di SMAN 7 Medan dan untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi problematika terhadap penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada siswa SMA di SMAN 7 Medan. Di dalam melaksanakan proses pembelajaran guru diharapkan memahami etika profesi keguruan terlebih guru PKKn, adapun etika profesi merupakan etika sosial dalam etika khusus mempunyai tugas dan tanggung jawab kepada ilmu dan profesi yang disandangnya. Adapun pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Medan. Metode penelitian yang penulis gunakan di dalam penelitian ini yaitu dengan metode penelitian kuantitatif dengan cara menyebarkan angket dan kusioner.

This study aims to find out the teacher's problems in implementing the Free Learning Curriculum for high school students at SMAN 7 Medan and to find out the teacher's efforts to overcome the problems with implementing the Free Learning Curriculum for high school students at SMAN 7 Medan. In carrying out the learning process, teachers are expected to understand the ethics of the teaching profession, especially PKKn teachers, while professional ethics are social ethics in special ethics, having duties and responsibilities to the knowledge and profession they carry. The implementation of this research was conducted at SMA Negeri 7 Medan. The research method that the authors use in this study is the quantitative research method by distributing questionnaires.

Keywords

kurikulum merdeka belajar; Problematika; etika; guru PPKn

Full Text:

PDF

References

Ananda, R. (2018). Profesi pendidik dan tenaga kependidikan (Telaah tehadap pendidik dan tenaga kependidikan). [Doctoral Dissertation] UIN Sumatera Utara.

Azzahra, N. F., & Gumiandari, S. (2021). Pengaruh Kepribadian dan Perilaku Etis Guru pada Integritas Guru SMPT Riyadul Mubarok Dalam Mengajar. Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), 241-247.

Hehakaya, E., & Pollatu, D. (2022). Problematika Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. DIDAXEI, 3(2), 394-408.

Purwadhi, P. (2018). Peranan Etika Profesi Pendidik dalam Mewujudkan Karakter Bangsa. ATIKAN, 8(2), 141-150.

Sidiq, U. (2018). Etika dan profesi keguruan. Tulungagung: STAI Muhammadiyah Press.

Syahputri, A., Aliyyah, R.R. (2022). Profesi Keguruan: Etika Profesi Guru. Bogor. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/361717681_PROFESI_KEGURUAN_Etika_Profesi_Guru

Widoyoko, E. P. (2016). Teknik-Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Windyani, T. (2020). Profesi Kependidikan (Kajian Konsep, Aturan dan Fakta Keguruan). Bogor: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pakuan.

Zulaiha, S., Meisin, M., & Meldina, T. (2022). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163-177.


View Counter: Abstract - 803 and PDF - 1152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.