Analisis Kemampuan Literasi Ekonomi Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa

Erma Suryani, Ana Merdekawaty

Abstract

This study aims to determine the ability of students' economic literacy and its influence on the consumption behavior of Economic Education students at the Teaching and Education Faculty, Samawa University, Sumbawa Besar. The method used in this study is a qualitative method with a type of phenomenology, in which the researcher identifies the level of students' understanding of the nature of economic problems and their impact on students' economic activities. Data collection techniques were carried out through interviews, observation, and documentation techniques. While the research instrument used was an interview guide with unstructured questions and reinforced by observation guidelines All data obtained were then analyzed using data analysis techniques in accordance with the stages carried out in qualitative research, namely: 1) data reduction, 2) data display and 3) drawing conclusions and data verification. To test the validity of the data obtained, researchers used source triangulation techniques and method/technique transgulation. Based on the results of the study it was concluded that the economic literacy skills of economic education students are said to be good, this can be seen from their ability to manage their finances to meet their daily needs. Good economic literacy skills greatly influence student consumption behavior, namely economic education students are able to make appropriate economic decisions, including having the ability to carry out economic actions according to the priority scale and consumption behavior that is adjusted to their financial capabilities.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi ekonomi mahasiswa dan pengaruhnya terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa Sumbawa Besar. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis fenomenologi, yang mana peneliti mengidentifikasi sejauhmana tingkat pemahaman mahasiswa tentang hakikat permasalahan ekonomi dan dampaknya terhadap kegiatan ekonomi mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan instrument penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara dengan pertanyaan tidak terstruktur dan diperkuat dengan pedoman observasi. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan  teknik analisis data sesuai dengan tahapan yang dilakukan dalam penelitian kualitatif yaitu: 1) reduksi data, 2) display data dan 3) mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan trangulasi metode/teknik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan literasi ekonomi mahasiswa pendidikan ekonomi dikatakan baik, hal ini dapat dilihat dari kemampuan pengelolaan keuangan yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari. Kemampuan literasi ekonomi yang baik, sangat berpengaruh terhadap perilkau konsumsi mahasiswa, yaitu mahasiswa pendidikan ekonomi sudah mampu mengambil keputusan ekonomi dengan tepat, diantaranya memiliki kemampuan untuk melakukan tindakan ekonomi sesuai dengan skala prioritas dan perlaku konsumsi yang disesuaikan dengan kemampuan finansial yang dimiliki.


Keywords

Economic Literacy; Consumption Behavior; Students

Full Text:

PDF

References

Engel, J.F, Blackweel, R., Miniard, P.W. (1994). Perilaku Konsumsi. Jakarta: Binarupa Akasara

Ferdian, PN. Elliyawati, N. & Riyadi, R. (2022). Literasi Ekonomi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman. Prosding Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Mulawarman. (pp. 40-45)

Firawaty & Hasibuan. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Kelompok teman sebaya terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk produk Fashion pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2015 di Fakultas Ekonomi UNM. Jurnal Ekonomi Pendidikan, 6(7), 23-31

Noneng. (2020). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Lingkungan Sosial terhadap Perilaku Pembelian Impulsif melalui Online Shop Pada Peserta didik kelas X Jurusan IPS di SMA Negeri 8 Makassar. Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora, 2(2), 94-104

Pandey & Bhartharya. (2012). Economic Literacy of Senior Secondary School Teachears: A field Study. Journal of All India Associaation For Educational Research, 24(1), 1-15

Ritonga. (2003). Pelajaran Ekonomi SMA Kelas X. Jakarta: Erlangga

Riyadi, R., Sutrisno dan Permatasari, I. (2020). Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Moralitas Ekonomi Melalui Rasionalitas Ekonomi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unmul. Jurnal Educo, 3(1), 36.

Sina, G. Peter. (2012). Analisis Literasi Ekonomi. Jurnal Economia, 8(2), 135-143.

Solihat, N. A., & Arnasik, S. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi. Oikos : Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 141–152.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Yanti, S, Maksum, J.H., Asriati, N. (2014). Pengaruh penguasaan konsep ekonomi dan status sosial ekonomi orang tua terhadap pola perilaku konsumsi siswa. [Doctoral Dissertation] Pendidikan Ekonomi. Universitas Tanjungpura Pontianak


View Counter: Abstract - 307 and PDF - 224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.