Pembelajaran Tematik Berbasis TPACK Berpendekatan Inkuiri Terbimbing melalui LKPD untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar IPA

Dian Ayu Kurniasih, Bambang Ismanto, Suhartono Suhartono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD pembelajaran tematik berbasis TPACK berpendekatan inkuiri terbimbing untuk peningkatan kemandirian dan hasil belajar IPA siswa SD yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan mengacu model Borg & Gall yang terdiri atas 9 tahap. Subjek uji coba penelitian adalah siswa kelas IV SDN 01 Karangtengah. Perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian divalidasi oleh 3 validator menggunakan dengan instrumen lembar validasi dan memenuhi kriteria sangat valid dengan skor rata-rata 80,16%, yaitu terdiri dari LKPD 82,62%; soal THB 75%; aktivitas kemandirian belajar siswa 83,33%; dan RPP 76,69%. Kepraktisan LKPD dinilai oleh guru sebagai praktisi, siswa, dan observer menggunakan angket dan masuk kategori sangat baik, meliputi keterlaksanaan pembelajaran dengan skor 85,42%; respon guru 87,15%; dan respon siswa 91,41%%. Keefektifan dinilai menggunakan analisis tes hasil belajar memenuhi kategori sangat baik dengan skor ketuntasan belajar IPA 91,41 melampaui kriteria yang ditetapkan yaitu ≥ 70; dan lembar observasi aktivitas kemandirian belajar siswa mencapai skor 87,5%. Berdasarkan penelitian tersebut disimpulkan pengembangan LKPD pembelajaran tematik berbasis TPACK berpendekatan inkuiri terbimbing untuk peningkatan kemandirian dan hasil belajar IPA siswa SD memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

The purpose to produse TPACK-based thematic learning LKPD with a guided inquiry approach to increase independence and science learning result for elementary school students that are valid, practical, and effective. Development refers to the Borg & Gall model which consists of 9 stages. The subjects of the research trial were fourth grade students of SDN 01 Karangtengah. Learning tools and research instruments were validated by 3 validators using validation sheet instruments and met very valid criteria achieving an average score of 80.16%, consisting of LKPD 82.62%; about THB 75%; independent student learning activities 83.33%; and RPP 76.69%. The practicality of LKPD was assessed by teachers as practitioners, students and observers using questionnaires and was in the very good category, include of the implementation of learning with a score of 85.42%; teacher response 87.15%; and student response 91.41%. Effectiveness was assessed using an analysis of learning result tests that met the very good category with a science learning completeness score of 91.41 exceeding the established criteria, namely ≥ 70; and the observation sheet of students' independent learning activities achieved a score of 87.5%. Based on this research, it was concluded that the development of TPACK-based thematic learning worksheets with a guided inquiry approach to increase independence and science learning result for elementary students met valid, practical, and effective criteria.

Keywords

Pengembangan LKPD; TPACK; Pembelajaran Tematik; Inkuiri Terbimbing; Kemandirian Belajar; Hasil Belajar IPA

Full Text:

PDF

References

Ayua, G. A. (2019). Creative teaching of science in the 21st century. In Methods and Resources in Science Teaching in Nigeria, 174-199.

Dasna, I. wayan. (2019). Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif (Suroyo (ed.); 3rd ed.). Universitas Terbuka.

Hadarawi, S., & Parsa, I. M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Pengendali Elektromagnetik Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Pada Peserta Didik Kelas XI TITL SMK Negeri 2 Kupang. Jurnal Teknologi, 15(2), 41-54.

Harahap, Z. I. S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Peserta Didik MTsN 2 Labuhanbatu (Doctoral Dissertation, UNIMED).

Jahidi, J. (2017). Kualifikasi dan kompetensi guru. Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 2(1), 23-30.

Juli, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Melalui Google Classroom Kelas VIII di SMPN 01 Karanganyar Tahun Ajaran 2020/2021. [Doctoral Dissertation] UIN Salatiga.

Koehler, M. J., Mishra, P., Bouck, E. C., DeSchryver, M., Kereluik, K., Shin, T. S., & Wolf, L. G. (2011). Deep-play: Developing TPACK for 21st century teachers. International Journal of Learning Technology, 6(2), 146-163.

Kusumah, R. G. T., Walid, A., Pitaloka, S. (2020). Penerapan Metode Inquiry Sebagai Usaha Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Penggolongan Hewan Di Kelas IV SD Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 142-153

Miller, J. (2002). Civic Scientific Literacy: A Necessity in the 21st Century. FAS Public Interest Reports, 5(1), 3-6

Ningtyas, L. R., & Rahayu, Y. S. (2022). Pengembangan e-LKPD Interaktif Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), 527-536.

Noor, A. Y. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multiple Representasi Pada Materi Hukum Dasar Kimia Kelas X IPA SMA [Doctoral Dissertation] UNMUH Pontianak.

Nurhidayanti, A., Nofianti, E., Kuswanto, H. (2022). Analisis Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP Melalui Implementasi LKPD Discovery Learning Berbantuan Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 10(2), 312-328.

Opateye, J. A. (2012). Developing And Assessing Science And Technology Process Skills In Nigerian Universal Basic Education Environment. Journal of Education and Social Research, 2(8), 34-42.

Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikatif. Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas: Jakarta.

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. ALFABETA.

Sagiru, I. (2015). The Relationship Between Teachers’ Psychomotor Abilities And Students’ Skills Acquisition In Basic Science In Gwale Local Government, Kano State, Nigeria. M Ed [Science Education Dissertation], Ahmadu Bello University Zaria, Kaduna State, Nigeria.

Sidiq, A. B. (2022). Pengembangan E-LKPD Interaktif Materi Sistem Reproduksi untuk Mendorong Kemandirian Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Kintamani. [Doctoral dissertation] Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. ALFABETA.

Suryaningsih, D., & Rahayu, Y. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Guided Inquiry Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Melatih Keterampilan Literasi Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2), 224-232.

Suwastini, N. M. S., Agung, A. A. G., & Sujana, I. W. (2022). LKPD sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 311-320.

Turiman, P., Omar, J., Dauh, A. M., & Osman, K. (2012). Fostering the 21st century skills through scientific literacy and science process skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59, 110-116.

Wibawa, B. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Cet.6; Ed.). Universitas Terbuka.

Widjajanti, E. (2008). Kualitas lembar kerja siswa mata pelajaran kimia. In Yogyakarta: UNY.


View Counter: Abstract - 327 and PDF - 220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.