Peningkatan Kompetensi Menghafal Lambang Unsur Golongan A dan Golongan B Dalam Sistem Periodik Unsur (SPU) Melalui Teknik Puisi Akrostik Pada Kelas X-11 SMAN

Dwi Hartati

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk Meningkatkan Kompetensi Menghafal Lambang Unsur Golongan A dan Golongan B dalam Sistem Periodik Unsur (SPU)  melalui  Teknik Puisi Akrostik pada Siswa Kelas X-11 SMA Negeri 1 Ambarawa Kabupaten Semarang Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Waktu penelitian dilaksanakan  selama empat bulan yaitu awal bulan Agustus  sampai dengan awal bulan November 2022 dengan mengambil tempat  di SMA  Negeri 1 Ambarawa. Subyek  penelitiannya adalah siswa  kelas X-11 sejumlah 35 siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan diambil sebanyak empat kali dalam dua siklus. Tindakan Siklus I, menghafal lambang unsur yang dibuat oleh guru, sedangkan tindakan pada siklus II menghafal lambang unsur yang dibuat oleh siswa. Analisa data adalah Diskriptif Komparatif, membandingkan  kompetensi menghafal lambang unsur  siklus I dengan siklus II. Siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 68,87, sedangkan siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 84,05. Hasil penelitian menunjukkan  ada peningkatan nilai rata-rata kelas  sebesar 22,04%.

The aim of this research is to increase the competency in memorizing the symbols for Group A and Group B elements in the Periodic System of Elements (SPU) through the Acrostic Poetry Technique in Class The research period was carried out for four months, namely early August to early November 2022, taking place at SMA Negeri 1 Ambarawa. The research subjects were 35 students in class X-11. The method used is Classroom Action Research (PTK). Actions were taken four times in two cycles. The action in Cycle I is memorizing the element symbols made by the teacher, while the action in Cycle II is memorizing the element symbols made by the students. Data analysis is Comparative Descriptive, comparing the competence to memorize element symbols from cycle I to cycle II. Cycle I class average value was 68.87, while cycle II class average value was 84.05. The research results showed that there was an increase in the average class score of 22.04%.

Full Text:

PDF

References

Farihatun. (2014). Penggunaan Teknik Akrostik Dalam Upaya Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Prancis pada Siswa Kelas X C SMA Negeri 2 Sleman. [Doctoral Dissertation] Universitas Negeri Yogyakarta.

Hermawan, M.T (2018) Sistem pengawasan berbahasa Inggris santri pondok pesantren Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik. [Undergraduate thesis], UIN Sunan Ampel Surabaya.

Mahfud, M. (2017). Teknik Akrostik Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Unsur-Unsur Golongan Utama (A) Di Tabel Sistem Periodik Unsur. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, 1(1), 51-58.

Mudrikah, M. (2016). Penerapan teknik three steps interview pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. [Undergraduate thesis], STAIN Kudus.

Resmaleni, R., Syarif, C. R., & Ruhiat, Y. (2017). Penerapan Media Kartu “Jembatan Keledai” Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 4(1), 92-101.

Saputra, W.A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tabel Periodik Unsur Kimia Berbasis Multimedia. [Undergraduate thesis], Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, D.K. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Teknik Akrostik pada Siswa Kelas X SMAN 1 Rebang Tangkas Kabupaten Way Kanan Tahun Pelajaran 2015/2016. [Doctoral Dissertation] Universitas Lampung.

Sudarwati. (2016). Penggunaan Teknik Akrostik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Menulis Puisi Siswa Kelas X IA-1 SMAN 2 Makassar. Prosiding SEMNAS KBSP V, 179-186


View Counter: Abstract - 833 and PDF - 581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.