PEMBELAJARAN EKSPLORASI KELOMPOK BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA
(1) SMP Negeri 27 Kota Semarang, Indonesia
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Implementasi strategi Eksplorasi Kelompok berbasis Konstruktivisme pada pembelajaran Sistem Pernapasan Manusia di SMP Negeri 27 Semarang menunjukkan peningkatan aktivitas positif siswa. Persentase jumlah siswa dengan kategori aktivitas sangat baik meningkat dari siklus I, II, dan III berturut-turut 10,81%, 27,03%, dan 40,54%. Hasil tes kompetensi tertulis yang dilakukan pada akhir pembelajaran menunjukkan bahwa 86,49% siswa memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal/KKM. Rata-rata nilai yang diperoleh mencapai 75,65. Temuan penelitian ini menggambarkan bahwa Eksplorasi Kelompok berbasis Konstruktivisme dapat dijadikan sebagai strategi alternatif dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran Sistem Pernapasan Manusia di SMP.
The aim of this classroom-based action research is to improve students’ activities and learning goals achievement. Implementation group exploration learning strategy based on constructivism view in Human Respiratory System subject matter at SMPN 27 Semarang showed that students’ positive activity was increased. Percentage of students’ activity in excellent categories was increased from cycle I, II, and III respectively 10.81%, 27.03%, and 40.54%. Written posttest which administered at the end of learning process showed that 86.49% of students were reached score at upper level from minimum standard score of mastery learning. The average score was obtained reach to 75.65. The findings of this study recommend that group exploration based on constructivism view can be used as an alternative strategy to improve Human Respiratory System learning quality in secondary school.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfana, M., Dewi, N.R., Sukaesih, S. (2015). Pengembangan lembar kerja siswa IPA Terpadu berbasis konstruktivisme tema energi dalam kehidupan untuk siswa SMA. Unnes Science Education Journal, Vol 4 (1), 720-727, 2015.
Arends, R.I. (2007). Learning To Teach: Belajar untuk Mengajar. Edisi ketujuh. Buku Satu dan Dua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bilgin, I. (2006). The effects of hands-on activities incorporating a cooperative learning approach on eight grade students’ science process skills and attitudes toward science. Journal of Baltic Science Education, 1 (9), 27–37, 2006.
Calik, M., Ayas, A., & Coll, R.K. (2010). Investigating the effectiveness of teaching methods based on a four-step constructivist strategy. Journal of Science Education and Technology, Vol.19, 32–48, 2010.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas, Pusat Kurikulum.
Dogru, M. & Kalender, S. (2007). Applying the subject “cell” through constructivist approach during science lessons and the teacher’s view. Journal of Environmental & Science Education, 2 (1), 3-13, 2007.
Glynn, S.M. & Winter, L.K. (2004). Contextual teaching and learning of science in elementary schools. Journal of Elementary Science Education, Vol. 16 (2), 51-63, September 2004.
Hayati, M.N., Supardi, K.I., & Miswadi, S,S. (2013). Pengembangan pembelajaran IPA SMK dengan model kontekstual berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII), Vol. 2 (1), 53-58, 2013.
Jasumayanti, E. (2013). Korelasi antara pendekatan konstruktivisme dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS SD. Artikel penelitian: Universitas Tanjungpura Pontianak, 2013.
Nur, M. (2004). Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pembelajaran. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.
Prabowo, S.A. (2015). The effectiveness of scientific based learning towards science process skill mastery of PGSD students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII), Vol. 4 (1), 15-19, 2015.
Putri, B.K. & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan LKS IPA terpadu berbasis inkuiri tema darah di SMPN 2 Tengaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII), Vol. 2 (2), 102-106, 2013.
Zakaria, E. & Iksan, Z. (2007). Promoting cooperative learning in science and mathematics education: A Malaysian perspective. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3 (1), 35-39, 2007.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT Berbentuk Permainan Ular Tangga Materi Alat Optik untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Materi dan pembelajaran Fisika (2013) Vol.1 No.1 halaman 37-45
Halimah,U.2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Kepanjen Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang:PPs Universitas Negeri malang.
Khanifah,S.,Pukan,K.K.&Sukaesih,S.,2012.Pemanfaatana Lingkungan Sekolah sebagai sumber belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal of Biology Education,1(1):82-89
Komariyah,Z & Soeparno, 2010. Pengaruh Pemanfaatan Media Permainan kartu Hitung terhadap Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran di SDN Jerawat I
Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10 (1):63-73. Tersedia di http://jurnal teknologi pendidikan.tp.ac.id ( diakses pada 29 – 10- 2014)
Mohd.Hafrison.(2008). Permainan dalam Pembelajaran Keterampilan berbicara di Kelas Rendah Sekolah Dasar : Sebuah Alternatif Model Pembelajaran Bahasa Bernuansa Psikolinguistik. Jurnal Bahasa dan Seni (2008) Vol.9 No.2 halaman 116-125.
Nugroho,A,P,T Rahardjo & D.Wahyuningsih.2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permainan Ular tangga ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Gaya. Jurnal materi dan Pembelajaran Fisika, 1(1): 11-18. Tersedia di http://portal.garuda.org ( diakses pada 29 – 10 – 2014 )
Nurhayati,S.Sudarmin,F.W.Mahatmanti&F.D.Khodijah,2009. Keefektifan Pembelajaran Berbasis Question Student Havc dengan Bantuan Chemo Edutainment Media Key Relation Chart Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia,3(10:379-384. Tersedia di http://jurnal.unnes.ac.id ( diakses pada 29-10-2014)
Roger,T & D.W.Johnson,2009. An Overview of Cooperative Learning. Creativity and collaborative learning. Artikel. Tersedia di http://digsys.upc.es ( diakses pada 3 – 11 – 2014 )
Rokhayati, A 2010. Meningkatkan Kemampuan membaca pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Permainnan Kartu Kalimat. Jurnal Saung Guru 1(2):85-86. Tersedia di http://file.upi.edu (diakses pada 3 – 11 – 2014 )
Wyk,M.M,2011. The effects of Team Games Tournaments on achievement,retention, and attitudes of economics education student.Jsoc Sci,26(3):183-93
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Scientia Indonesia
The journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License