Analisis Pilihan Tindakan Pelaku Logistik Terhadap Kebijakan Pembatasan Akses Jalan Tol JORR
Melinda Latiasha
(1), Nahry Yusuf
(2),
(1) University of Indonesia
(2) University of Indonesia
Abstract
Sebagai salah satu upaya untuk mengurangi kemacetan, timbul rencana untuk menyelenggarakan pembatasan akses masuk angkutan barang pada Jakarta Outer Ring Road (JORR). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pilihan tindakan yang akan dilakukan oleh pelaku logistik dalam menghadapi kebijakan pembatasan akses masuk, serta untuk menganalisa dampaknya terhadap waktu tempuh dan biaya operasional perjalanan. Berdasarkan data yang diperoleh melalui survey pada 223 pengemudi angkutan barang yang menggunakan jalan tol JORR, didapatkan hasil pilihan tindakan alternatif berupa 26.9% memilih untuk mengubah rute, 36.8% mengubah waktu, 2.7% mengubah rute dan waktu, dan sisa 33.6% tidak terpengaruh kebijakan pembatasan akses. Pilihan tindakan juga dikelompokkan berdasarkan frekuensi perjalanan, waktu masuk JORR, dan jarak tempuh perjalanannya, dengan tujuan untuk melihat perbedaan karakteristik para pelaku logistik. Berdasarkan uji hipotesis, didapatkan bahwa kebijakan pembatasan akses memiliki pengaruh terhadap pertambahan waktu tempuh dan biaya operasional perjalanan. Perubahan waktu tempuh perjalanan tertinggi akibat pembatasan akses terdapat pada pilihan mengubah rute, yaitu sebesar 31.10%. Sama halnya pada biaya operasional, perubahan biaya tertinggi terdapat pada pilihan mengubah rute yaitu sebesar 7.41%
Keywords
Jalan Tol; Pembatasan Akses; Pelaku Logistik; Angkutan Barang
References
Dasburg, N., & Schoemaker, J (2002), Quantification of Urban Freight Transportation Effects. Europe: Best Urban Freight Solutions
Herzong, B. O. (2010). Angkutan Barang Perkotaan di Kota-Kota Negara Berkembang. Jerman: gtz.
Moses, R. (2007). Evaluating the Effectiveness of Various Truck Lane Restriction Practices in Florida – Phase II. Tallahassee: FAMU – FSU College of Engineering.
Nur, M. (2016). Analisis Perilaku Perusahaan Pelaku Logistik Dalam Menghadapi Kebijakan Pembatasan Akses Kendaraan Berat di Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), Jakarta: Universitas Indonesia.
Ogden, K. W. (1991). Truck Movement and Access in Urban Areas. Journal of Transportation Engineering, 71-90.
Ortuzar, J. D., & Willusmsen, L. G. (2011). Modeling Transport. UK: John Wiley & Sons
Yusuf, N. (2014). Pemetaan Permasalahan Transportasi Barang Kota Jakarta. Indonesian Urban Transport Institute.