ANALISA PARKIR PARAGON MALL SEMARANG
(1) Jurusan Teknik Sipil Universitas Semarang Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari, Semarang
(2) Jurusan Teknik Sipil Universitas Semarang Jl. Soekarno Hatta, Tlogosari, Semarang
Abstract
Pull traffic that occurs in complex Paragon Mall affect parking demand in these locations. For that we need research to obtain data - data that is requirsed by way of observations of drivers and parking attendants. The intent and purpose of this paper is to get the amount of traffic traveling tug toward Paragon Mall shopping complex and to determine parking demand at Paragon Mall shopping complex. Furthermore, based on the data that has been obtained so that data processing is done to obtain the desired result of which the accumulated maximum parking, towing trips, towing traffic, parking demand factors. From the calculation it is known that the maximum accumulation occurs on a Saturday, which is 173 to 295 types of automobiles and vehicle type motorcycle. Pull the whole trip occurred on Sunday at 4.76 people / 100m2 Floor Area Groos. The amount of traffic tug Day on Saturday by 219 smp / hour for this type of car and 108 smp / hour for this type of motorcycle. Thus Paragon Mall has considerable pull the trip and have enough parking area where the number of plots for the car park as many as 260 plots for motorcycle parking and 800 parking plots.
Tarikan lalu lintas yang terjadi pada kompleks Paragon Mall mempengaruhi kebutuhan parkir di lokasi tersebut. Untuk itu diperlukan penelitian untuk mendapatkan data – data yang diperlukan yaitu dengan cara pengamatan pengemudi dan petugas parkir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan besarnya tarikan perjalanan lalu lintas yang menuju kompleks pertokoan Paragon Mall dan untuk mengetahui faktor kebutuhan parkir pada kompleks pertokoan Paragon Mall. Berdasarkan data yang telah didapatkan maka dilakukan pengolahan data tersebut untuk mendapatkan hasil yang diinginkan diantaranya akumulasi parkir maksimum, tarikan perjalanan, tarikan lalu lintas, faktor kebutuhan parkir. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa akumulasi maksimum terjadi pada hari Sabtu, yaitu 173 untuk jenis kendaraan mobil dan 295 untuk jenis kendaraan sepeda motor. Tarikan perjalanan orang keseluruhan terbanyak terjadi pada hari Minggu sebesar 4,76 orang/100m2 Groos Floor Area. Besarnya tarikan lalu lintas Harian pada Sabtu sebesar 219 smp/jam untuk jenis mobil dan 108 smp/jam untuk jenis sepeda motor. Dengan demikian Paragon Mall memiliki tarikan perjalanan orang yang cukup dan memiliki lahan parkir yang cukup dimana jumlah petak parkir untuk mobil sebanyak 260 petak parkir dan untuk sepeda motor sebanyak 800 petak parkir.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baker, F, 2001. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Terjemahan oleh: Ir. Suprapto TM, Msc. Gajah Mada University Press Yogyakarta.
Bionpion, Joseph, 2003. Operations Management. Singapore: McGraw-Hill.
Christy, Julian, 2006. Dasar – Dasar Rekayasa Transportasi. Jakarta Erlangga:.
Direktur Jendral Perhubungan Darat, 2000. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, Departemen Perhubungan, Jakarta.
Handajani, Mudjiastuti, 2011. Analisis Gradien Kepadatan Penduduk dan Konsumsi BBM, Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan UNNES volume 11 nomor 2 halaman 141 – 148, Semarang.
Hobbs, F.D, 2000. Traffic and Engineering, secon edition, Terjemahan oleh Suprapto TM dan Waldjono, Penerbit Gajah Mada Press, Yogyakarta.
Sumayang, L, 2003. Dasar – Dasar Manajemen Produksi & Operasi, Jakarta, Salemba Empat.
Tamin, O, 2006. Tarikan dan Bangkitan Lalu Lintas Serta Kebutuhan Parkir, Erlangga:Jakarta.
Tut Wuri, 2016. Dokumentasi Pribadi Kedudukan Parkir Paragon Mall, Semarang.
Wardhana, W, 2005. Perencanaan Transportasi dan Pemodelan Transportasi, ITB, Bandung.
Warpani, Suwardjoko, 2002. Pengolahan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Bhatara Karya Husada: Bandung.
Wells, Render, 2004. Operation Management 9th ed., New Jersey, Pearson.
Refbacks
- There are currently no refbacks.