Edukasi dan Konseling Gizi Kepada Ibu Hamil KEK

Yuliana Indra Hapsari(1), Fahrur Rozi(2), M. Nur Fachry Asyifa(3), Saddam Putranegara(4), Shafira Putri Balqis(5),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak

Masalah gizi penanggulangannya harus membutuhkan keterlibatan dari beberapa sektor yang terkait. Dalam kegiatan ini program perbaikan gizi yang dilaksanakan adalah pemberian Edukasi dan Konseling Gizi pada Ibu Hamil KEK. Tujuan dari program ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku Ibu Hamil KEK.Metode pelaksanaan dalam kegiatan ini yaitu melalui ceramah dan tanya jawab yang disertai dengan pengisian lembar pre test  dan post test evaluasi.Hasil dari pelaksanaan intervensi permasalahan gizi yang ada adalah Ibu hamil KEK mengalami peningkatan pengetahuan, sikap, dan kesadaran terkait dengan pentingnya gizi seimbang selama masa kehamilan yang dinilai dari peningkatan skor pretset dan posttest yang diberikan. Pencapaian target dalam kegiatan ini mencapai 71,4% dimana hanya 5 dari 7 Ibu hamil KEK yang mendapatkan Program Intervensi tersebut.Untuk Indikator Keberhasilan dalam kegiatan ini mencapai 100% dimana seluruh responden yang mendapatkan intervensi mengalami peningkatan skor pengetahuan.

Abstract

Nutritional problem requires the involvement of several related sectors. In this activity the nutrition improvement program implemented is the provision of Nutrition Education and Counseling to Pregnant Women CED. The aim of this program was to increase the knowledge, attitudes, and behavior of CED Pregnant Women. The implementation method in this activity used lectures, questions and answers accompanied by filling out pre-test  and post-test evaluations. The results showed that pregnant women with CED experienced an increase in knowledge, attitudes, and awareness related to the importance of balanced nutrition during pregnancy which was assessed from the increase in the pre-test and post-test scores given. The achievement of the target in the activity reached 71.4% where only 5 of 7 CED pregnant women received the Intervention Program. For indicators of success in this activity reached 100% where all respondents who received the intervention experienced an increase in knowledge scores.

Keywords: Balanced Nutrition; CED; Pregnant Women

Full Text:

PDF

References

Akbar, F. (2018). Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Terjadinya Gizi Kurang Pada Balita Di Kabupaten Polewali Mandar. 4(2).

Almatsier. (2004). Prinsip Dsar Ilmu Gizi. Gramedia Pustaka Utama.

Dinkes Kab.Kendal. (2018). Profil Kesehatan Kabupaten Kendal.

Indraswari, S. (2019). Pengaruh Pendidikan Gizi Dengan Poster Dan Kartu Gizi Terhadap Penngkatan Pengetahuan Dan Sikap Anak Tentang Gizi Seimbang Di Sdn Ploso I - 172 Surabaya. The Indonesian Journal Public Health, 14(02), 210–220.

Indrawati S. (2015). Hubungan Status Gizi Ibu Hamil Dengan Kejadian Bblr Di Wilayah Puskesmas Minggir Kabupaten Sleman. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Yogyakarta, 1, 14–39. Http://Digilib.Unisayogya.Ac.Id/Id/Eprint/756

Kemesnkes RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia 2019.

Mustaghfiroh, Ariyanti, N. S., Adha, M. A., & Sultoni. (2020). Upaya Peningkatan Komitmen Kerja Guru Bidang Studi. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (Jdmp), 5(1), 22–28. Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jdmp/Article/View/9194

Nursari Abdul Syukur. (2017). Faktor – Faktor Yang Menyebabkan Kurang Energi Kronis (Kek) Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Sidomulyo Kota Samarinda. Jurnal Skolastik Keperawatan, 3(38), 146–154. File:///C:/Users/Fadiaa~1/Appdata/Local/Temp/44-13-123-1-10-20170113.Pdf

Pastuty, R., & Herawati, T. (2018). Efektifitas Program Pemberian Makanan Tambahan- Pemulihan Pada Ibu Hamil Kurang Energi Kronik Effectiveness The Recovery Program Of Food Suplement Towards Pregnancy Women With Chronic Energy Deficiency In Palembang City. 9(November), 179–188.

Purnomo, P., & Sekar, M. (2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Waktu, Jarak Dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus Pgsd), 20(02), 151–157.

Safitri, N., & Fitranty, D. (2016). Pengaruh Edukasi Gizi Dengan Ceramah Dan Booklet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Gizi Remaja Overweight. Journal Of Nutrition College, 5(No 4 Jilid 2), 374–380.

Sari, I., & Sapitri, A. (2021). Pemeriksaan Status Gizi Pada Ibu Hamil Sebagai Upaya Mendeteksi Dini Kurang Energi Kronik (Kek. Jurnal Kebidanan Indonesia, 12(1), 16–23.

Wulandari, R. F., Susiloningtyas, L., & Jaya, S. T. (2021). Pendidikan Kesehatan Untuk Meningkatkan Gizi Ibu Hamil. 4(1), 155–161.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo