Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak-anak Kelas V SDN Benerkulon

Nurwidia Eka Pratiwi(1), Atiaul Nimah(2), Kurniasih Septiana Dewi(3), Nursiwi Nugraheni(4),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak

Artikel ini akan membahas tentang penelitian tindakan kelas mengenai penerapan metode bercerita. Penulisan dari artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sebenarnya pengaruh penerapan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan berbahasa khususnya untuk anak-anak SD kelas V. Latar belakang penelitian ini adalah karena memiliki kemampuan berbahasa yang baik sangatlah penting bagi siswa SD. Memiliki kemampuan berbahasa yang baik bisa membuat seseorang dapat menggukapkan ide-ide, fikiran, dan perasaan dengan mudah. Jika tidak memiliki kemampuan berbahasa yang baik, seseorang akan mengalami kesulitan dalam mengungkapkan apa yang ada dalam pikirannya. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap seperti, perencanaan, observasi, pelaksanaan, dan refleksi. Sasaran yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah anak-anak kelas V SDN Benerkulon. Hasil dari penelitian ini nunjukkan jika kemampuan berbahasa siswa kelas V SDN Benerkulon mengalami peningkatan setelah menerapkan metode bercerita dalam pembelajarannya.

Abstract

This article will dicuss about Classroom Action Research regarding the applying storytelling methode. The writing of this article aims to find out how the actual effect of the application of the storytelling method in improving language skills, especially for fifth grade elementary school students. Background of the research is motivated because the student’s language skills for elementary school students are very important. In fact, having good language skills can make a person able express ideas, thoughts, and feeling easily. If we do not have good language skills, we will have difficulty expressing what on mine. This research was conducted in sereveral stapes such planning, observation, implementation, and reflection. The targets to be studied in this research are the fifth graders at SDN Benerkulon. The results of this study show that the language skills of the fifth grade students of SDN Benerkulon have increased after applying the storytelling method in their learning.

Keywords: elementary school students; language skills; story telling.

Full Text:

PDF

References

Ariska, T. (2018). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Berbahasa Anak di PAUD Sahabat Desa Padang Pelasan Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma. Bengkulu: IAIN Bengkulu.

Ayten, B. K., & Polater, C. (2021). Values Education Using the Digital Storytelling Method in Fourth Grade Primary School Students. International Journal of Education and Literacy Studies, 9(2), 66–78.

Azmi, S. R. M. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Science and Social Research, 2(1), 7– 11.

Djiwandono, S. (2011). Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa Edisi 2. Malang: ITB.

Fatimah, E. (2006). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka

Setia.

Hadi, G. K. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi 1 Banjarsari. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 131–137.

Haryati, S. (2019). Directed Reading Thinking Sctivity untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Teacher in Educational Research, 1(2), 58–65.

Hemah, E., Sayekti, T., & Atikah, C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1–14.

Ningsih, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Online, 2(4).

Nurhayani, I. (2017). Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 54–59.

Pratiwi, R. R. (2016). Penerapan Metode Storytelling untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II SDN S4 Bandung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 199–207.

Putri, S. O., & Wijayanti, N. S. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Berbahasa Inggris Mahasiswa Pendidikan Administras Perkantoran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran-S1, 7(2), 155–164.

Riksa, Y. (2009). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Dirjen Pendis Depag RI.

Rong, L. P., & Noor, N. M. (2019). Digital Storytelling as a Creative Teaching Method in Promoting Secondary School Students’ Writing Skills. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 13(7).

Saribu, A., & Hidayah, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 2, 6. https://doi.org/10.36709/jrga.v2i1.8299

Sukandarrumidi. (2012). Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula.

Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Yusuf, S. (2001). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja (Bandung). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo