Program Bimbingan Belajar Matematika sebagai Upaya Memajukan Pendidikan Anak-Anak
(1) Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(2) Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang
(3) Program Studi Pendidikan Guru SD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
(4) Program Studi Pendidikan Guru SD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
(5) Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Ssemarang
Abstract
Abstrak
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengimplementasikan kegiatan UNNES GIAT 3 yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Semarang tahun 2022. Salah satu program kerja dalam kegiatan UNNES GIAT 3 adalah kegiatan Bimbingan Belajar yang dilaksanakan setiap sore di Posko Desa Giritengah khususnya bagi siswa Sekolah Dasar di sekitar Balai Desa Giritengah. Di sini, semua kegiatan belajar berlangsung di depan posko. Tujuan tutor adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang proses pembelajaran dan sekaligus membantu siswa untuk beradaptasi dengan dirinya dan lingkungannya. Metode ini membantu siswa mengatasi tugas mereka dan meningkatkan pemahaman terutama pada mata pelajaran matematika. Sesi bimbingan belajar ini terdiri dari memotivasi siswa, menjelaskan apa yang mereka pelajari dan membantu mereka menyelesaikan studi mereka. Peran layanan bimbingan belajar meliputi memotivasi belajar, membuat anak merasa diperhatikan, mengajarkan pemahaman pelajaran, menambah pengetahuan, dan meningkatkan rasa percaya diri. Metode bimbingan belajar ini adalah tanya jawab, ceramah, dan diskusi.
Abstract
The purpose of this activity is to implement the UNNES GIAT 3 activities which will be carried out by Semarang State University students in 2022. One of the work programs in the UNNES GIAT 3 activities is the tutoring activity which is carried out every evening at the Giritengah Village Post especially for elementary school students around Giritengah Village Hall. Here, all learning activities take place in front of the command post. The tutor's goal is to increase understanding of the learning process and at the same time help students to adapt to themselves and their environment. This method helps students cope with their assignments and improve understanding, especially in mathematics. These tutoring sessions consist of motivating students, explaining what they are learning and helping them complete their studies. The role of motivating tutoring services includes learning, making children feel cared for, prohibiting understanding of lessons, increasing knowledge, and increasing self-confidence. This tutoring method is question and answer, lecture, and discussion.
Keywords: Elementary School; Math; Tutoring
Full Text:
PDFReferences
Adhisa, R. R., Arfian, M., Purnomo, G. C., Virgina, V. F., Azhar, L., Kusumawati, W., Wandira, V. D., Handayanti, T., Hidayanti, E. N., & Handayani, F. T. (2020). Pengembangan Bimbingan Belajar Berbasis Lingkungan di MIM Juwiran, Juwiring, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 19–23. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.10783
Ahmad, A., Habib Ratu Perwira Negara, Kiki Riska Ayu Kurniawati, & Farah Heniati Santosa. (2019). Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Kegitan Bimbingan Belajar. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 189–198. https://doi.org/10.36765/jpmb.v2i2.14
Amelia, J. (2021). Pentingnya Penerapan Bimbingan Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19 di Desa Bronjong Kecamatan Bluluk. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 76–81. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/1893
Awe, E. Y., Ndagon, A. N., Marselin, R. A., Ndae, V., & Theresia, V. (2022). Program Bimbingan Belajar sebagai Aksi Nyata Mahasiswa Citra Bakti Peduli Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 65–71.
Ghani, M. I. (2022). Cara Menghitung Rumus Skala pada Peta dan Mencari Jarak Sebenarnya. Zenius. https://www.zenius.net/blog/menghitung-rumus-skala-pada-peta
Jone, A. Z. (2019). What Is Velocity in Physics? ThoughtCo. https://www.thoughtco.com/velocity-definition-in-physics-2699021
Nasar, A., Ewar, H. A., Jeluna, V., Nerli, Y., & Tancenca, A. (2022). KKNM-Bimbingan Belajar dari Rumah (BDR) Secara Offline Selama Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SDN Reba Rana Manggarai Timur NTT. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(1), 87–94.
Nasution, E. Y. P., & Veronica, D. (2022). Program Bimbingan Belajar (BIMBEL) Matematika Untuk Siswa SD di Desa Semerap Pada Era Pandemi Covid-19. Madani : Indonesian Journal of Civil Society, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.35970/madani.v4i1.771
PT. Taman Wisata Candi Borobudur, P. dan R. B. (2017). Balkondes Giritengah. Balkondes Borobudur. http://balkondesborobudur.com/desa-wisata/desa-Giritengah/
Rozak, A., Fathurrochman, I., & Ristianti, D. H. (2018). Analisis Pelaksanaan Bimbingan Belajar Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Joeai (Journal of Education and Instruction), 1(1), 10–20. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v1i1.183
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Bina Desa
Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311 e-ISSN 2775-4375
Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.