Media Pembelajaran Berbasis Buku Matematika Bergambar untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika

Elfi Ellyana(1), Irma Salsabilla Jayanti(2), Devi Milasari(3),


(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang
(3) Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak

Dalam rangka meningkatkan minat belajar siswa SD di Desa Margorejo setelah adanya pandemi Covid-19 yang dampaknya masih terasa sampai saat ini. Ditemukan beberapa masalah yang menjadi penghambat, salah satunya seperti mayoritas siswa kelas 3 SD di Desa Margorejo mempunyai kesulitan menghitung operasi matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Adapun faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa antara lain, kondisi siswa, minat belajar, metode pengajaran dari guru, fasilitas dan media yang digunakan dalam belajar mengajar. Untuk itu dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membuatkan media pembelajaran berbasis buku dan memberikan edukasi matematika dasar yang diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mudah dan menambah minat siswa dalam belajar matematika. Kegiatan ini dilakukan dengan melakukan observasi ke sekolah dasar dan pengadaan program bimbel untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa, lalu mulai mencari dan merancang materi yang dikemas sederhana. Buku ini juga didesain dengan tampilan gambar yang menarik sehingga disukai siswa. Kemudian edukasi diberikan dengan sasaran kelas 3 SD 5 Margorejo yang dilakukan untuk memberikan pemahaman lebih mengenai operasi hitung matematika dasar. Hasil akhir menunjukkan bahwa siswa antusias ketika diminta untuk menjawab soal yang diberikan dan dapat memberikan jawaban yang tepat dan benar.

Abstract

In order to increase the interest in learning for elementary school students in Margorejo Village after the Covid-19 pandemic, the impact of which is still being feels today. There are problems that become obstacles, one of which was that most 3rd-grade students in Margorejo Village had difficulty calculating basic mathematical operations such as addition, subtraction, multiplication, and division. The factors that can affect student achievement include the condition of students, interest in learning, teaching methods from teachers, facilities, and media used in teaching and learning. For this reason, this community service activity aims to develop book-based learning media and provide mathematics education which is expected to provide easy understanding and increase students' interest in learning mathematics. This activity was implemented by observing elementary schools and procuring tutoring programs to determine students' understanding level, then starting to find and designing simple packaged materials. This book is also designed with an attractive display of images so that students like it. Then the implementation of educational activities targeting third-grade students of SD 5 Margorejo to provide a deeper understanding of basic mathematical arithmetic operations. The final results show that students are enthusiastic when asked to answer the questions that have been given and can provide appropriate and correct answers.

Keywords: Arithmetic; Book; Learning Media; Mathematics

Full Text:

PDF

References

Amir Hamzah Suleiman. (1985). Media Audio-Visual untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan. Jakarta: PT Gramedia.

Khairani, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk Smp Kelas IX. Jurnal Iptek Terapan, 10(2). https://doi.org/10.22216/jit.2016.v10i2.422

Marselina, V., & Muhtadi, A. (2019). Pengembangan Buku Digital Interaktif Matematika Pada Materi Geometri. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 196–207. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.26809

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8.

Putri, D. Y. K., & Ariyanti, G. (2015). Pengembangan Komik Matematika Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Perkalian Bilangan Bulat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM), 1. www.jpnn.com

Rahim, R., Siregar, R. F., Ramadhani, R., & Anisa, Y. (2022). Implementasi Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa di SD Amalyatul Huda Medan. Jurnal Abdidas, 3. https://abdidas.org/index.php/abdidas/article/view/621/445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo