Pendampingan Pemanfaatan Digital Marketing dalam Strategi Pemasaran Marning sebagai Produk Lokal Unggulan

Della Rolansa BR Siboro(1), Hendy Agata Prasetya(2), Mutiara Effrina Oktavianti(3), Fandyka Annisa Maysalwa(4), Alldila Noorma Az Zahra(5),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Negeri Semarang
(3) Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(4) Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang
(5) Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Abstrak

Desa Kemetul memiliki beragam potensi industri UMKM yang memanfaatkan hasil pertanian dan perkebunan. Usaha tersebut telah menjadi mata pencaharian bagi masyarakat di Desa Kemetul. Salah satu produk lokal unggulan dari industri UMKM khas Kemetul ialah Marning. Namun demikian, UMKM Marning belum mampu berkembang mengikuti perkembangan teknologi. Tim UNNES Giat 3 berkesempatan untuk melakukan pendampingan pemanfaatan digital marketing pada Marning Ibu Marmi dan Marning Tiga Puteri. Metode yang digunakan ialah asset based community yakni strategi pengembangan masyarakat melalui pemanfaatan asset berupa marning sebagai produk unggulan. Kegiatan yang dilaksanakan berupa pelatihan dan pendampingan, adapun pelatihan tersebut meliputi pelatihan pengenalan pengemasan dan branding, cara pendokumentasian produk, serta pelatihan prospek pemasaran digital. Sedangkan pendampingan berupa pengembangan inovasi rasa, pembuatan akun shopee, dan pendataan pada google business. Hasil pendampingan ini membawa UMKM Marning mampu berinovasi dan menggunakan asset yang ada untuk memperluas jangkuan pasar dengan menggunakan strategi pemasaran digital.   

Abstract

Kemetul Village has a variety of MSME industry potentials that utilize agricultural and plantation products. This business has become a livelihood for the people in Kemetul Village. One of the local superior products from the typical Kemetul MSME industry is Marning. However, UMKM Marketing has not been able to develop following technological developments. The UNNES Active 3 team has the opportunity to assist in the use of digital marketing for Marning Ibu Marmi and Marning Tiga Puteri. The method used is an asset-based community, namely a community development strategy through the use of assets in the form of marketing as a superior product. The activities carried out are in the form of training and mentoring, while the training includes training on introduction to packaging and branding, how to document products, as well as training on digital marketing prospects. Meanwhile, assistance is in the form of developing taste innovation, creating a Shopee account, and data collection on Google Business. The results of this assistance have enabled UMKM Marketing to be able to modify and use existing assets to expand the market by using a digital marketing strategy.

Keywords: Accompaniment; Digital Marketing; Featured Local Product

Full Text:

PDF

References

Berry, Mike, RM, Marjolein, & SMP, Berend. (2019). Digital Marketing Fundamentals. England: Taylor & Francis.

Habibi, Syaikhu. (2018). Pemberdayaan Ekonomi: Pengolahan Bonggol Pisang (Studi Pendampingan Komunitas Perempuan dengan Pendekatan Asset Based Community Development) di Desa Candipari Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya.

Jaelani, Suhami, Babay. (2021). Digitalisasi Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Penjualan Umkm Di Desa Rancabango Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(23), 99-121.

Limanseto, Haryo. (2022). Pengembangan UMKM Menjadi Necessary Condition untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi. Diakses dari https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4136/pengembangan-umkm-menjadi-necessary-condition-untuk-mendorong-pertumbuhan-ekonomi.

Maulana, Mirza. (2019). Asset-Based Community Development: Strategi Pengembangan Masyarakat di Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang. Jurnal Empower, 4(2), 259-278.

Rachmadi, Tri. (2020). The Power of Digital Marketing. Bandar Lampung: Tiga Ebook

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo