Pendampingan Digital Marketing dan Strategi Branding Produk Shibori Sidomaju Desa Kenteng dalam Rangka Perluasan Pangsa Pasar

Nurdian Susilowati(1), Harlinda Sekar Khoir(2), Fadlilatul Rizqiyah(3), Attiya Syafiyah(4), Muhammad Vito Aditama(5),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) berkembang pesat seiring dengan berkembangnya industri. Konsep pemasaran dalam segala bidang bisnis sudah mulai menggunakan digitalisasi. Tujuan dari pengabdian ini yaitu Tim UNNES Giat 5 Desa Kenteng memberi alternatif solusi atas masalah pemasaran bisnis Shibori Sidomaju yang dikelola kelompok lansia yang masih gagap teknologi. Sehingga hal tersebut menghambat perluasan konsumen produk shibori sidomaju. Pengabdian ini menggunakan metode observasi langsung dengan metode pelaksanaan pendampingan ke lokasi pengabdian dusun Karanglo RT 4 RW 1 Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang dengan dua cara yaitu: (1) Pendampingan dan pelatihan digital marketing. (2) Pendampingan branding produk shibori.  Hasil dari progam kerja tim  diterima kelompok lansia shibori sidomaju dengan baik. Serta pembuatan akun Instagram dan e-commerce dari shibori sidomaju mampu dikelola seacra mandiri pada angota muda (pra lansia). Kemudian pendampingan branding produk juga sudah diimplementasikan berdampak pada keberlangsungan bisnis shibori sidomaju mendunia melalui digital.

Full Text:

PDF

References

Anugrah, R., Perwirianto, H. W., Zulfania, M., Ratih, D., Aprilianda, E. N., Haryawan, S. H., & Arum, D. P. (2022). PENERAPAN BRANDING PRODUK DAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 740-746.

Bilgin,Y. (2018). The Effect of Social Media Marketing Activities on Brand Awareness, Brand Image and Brand Loyalty. Business & Management Studies. An International Journal, 6(1), 128–148.

Della Rolansa, B. R., Prasetya, H. A., Oktavianti, M. E., Maysalwa, F. A., & Zahra, A. N. A. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Digital Marketing dalam Strategi Pemasaran Marning sebagai Produk Lokal Unggulan. Jurnal Bina Desa, 5(1), 96-104.

Fitrianna, H., & Aurinawati, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 409-418.

Mahmud, A., Aeni, I. N., Susilowati, N., Firmansyah, R., & Hayati, N. (2023). Penguatan Branding Produk dan Pemasaran Digital Batik Shibori Kelompok Lansia Sidomaju. Madaniya, 4(1), 26-37.

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1-20.

Prasetyo, W. A., Aulia, M. J., & Aniek, I. (2019). Digital Marketing. Edulitera: Malang.

Saraswati, D. A., & Hastasari, C. (2020). Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok. co dalam Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Biokultur, 9(2), 152-171.

Sasongko, D., Yuliawati, P. M., Nurhidayah, R., Utomo, R. G., Setyawan, A., & Suciati, K. (2021). Pengembangan Pemasaran UMKM Asih Di Kabupaten Magelang Dengan Memanfaatkan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(1), 68-73.

Yacub, R., & Mustajab, W. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada E-commerce. Manajerial. 12(2), 198–209.

https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Bina Desa

Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311  e-ISSN 2775-4375

Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.

Unnes Logo