Sosialisasi dan Pembinaan Cabang Olahraga Prestasi di SMP Islam Terpadu Nusantara sebagai Upaya Peningkatan Kecemerlangan Pendidikan
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(5) Universitas Negeri Semarang
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ajmain, & Marzuki. (2019). Peran guru dan kepala sekolah dalam pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta The role of teachers and headmaster in character education of student of SMA 3 Yogyakarta. Jurnal Ilmu Sosial, 16(1), 109–123.
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti., U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingmya Pendidikan Pagisgi Manusia. Jurna Buana Pengabdian, 1(1), 66–72.
Andriyani, T., & Setiyoko, D. T. (2020). Makna Pendidikan Untuk Peserta Didik Yang Ditinggalkan Ibunya Merantau. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 1(2), 36–42. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.160
Aslamiyah, T. Al, Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended Learning dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114.
Bangun, S. Y. (2018). Peran pelatih olahraga ekstrakurikuler dalam mengembangkan bakat dan minat olahraga pada peserta didik. Jurnal Prestasi, 2(4), 29–37. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11913
Collier, C. (2014). Sport Education and Preservice Education. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 69(5), 44–45. https://doi.org/10.1080/07303084.1998.10605554
Digdoyo, E. (2019). Rumah Puspo Budaya Nusantara Sebagai Pusat Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Tari Nusantara. Integralistik, 30(1), 62–99. https://doi.org/10.15294/integralistik.v30i1.20778
Elisa, Prasetyo, S. A., & Hadi, H. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 114–121. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17553
Fernandez-Rio, J., & Casey, A. (2021). Sport education as a cooperative learning endeavour. Physical Education and Sport Pedagogy, 26(4), 375–387. https://doi.org/10.1080/17408989.2020.1810220
Hadiapurwa, A., Riani, P., Yulianti, M. F., & Yuningsih, E. K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar untuk Membekali Kompetensi Generasi Muda dalam Menghadapi Era Society 5 . 0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sag, 4(1), 115–129.
Indy, R. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. 12(4).
Meria, A. (2018). Ekstrakurikuler dalam mengembangkan diri peserta didik di lembaga pendidikan. Jurnal Penelitian & Pengabdian, 6(2).
Misya, M. V. S. (2017). Upaya Pemerintah Daerah Dalam Meningkatkan Pendidikan di Komunitas Adat Terpencil Desa Sesap Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. JOM FISIP, 4(1), 1–13.
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal PembangunanPendidikan, 2(1).
Nurcahyo, F. (2013). Pengelolaan dan Pengembangan Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga di SMA/MAN/Sederajat Se-kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v9i2.3012
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar. (n.d.).
Pill, S. (2015). Student reflections of sport education in one urban australian primary school. Asia-Pacific Journal of Health, Sport and Physical Education, 1(3–4), 29–36. https://doi.org/10.1080/18377122.2010.9730335
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915.
Rahmat, S. T., & Sum, T. A. (2017). Mengembangkan Kreativitas Anak. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 9(2), 111–123.
Safrida, Safrida, N., & Muhammad. (2021). Implementasi Kebijakan Pemerintah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Aceh Barat. Jurnal Ilmu Administrasi Publik UMA, 9(2), 71–80. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31289/publika.v9i2.6027
UUD 1945 Pasal 31 Ayat (1) dan (3) Tentang Pendidikan dan Kebudayaan. (n.d.).
Williamson, R., Forneris, T., & Camire, M. (2015). Extracurricular Activity Participation and the Acquisition of Developmental Assets : Differences Between Involved and Noninvolved Canadian High School Students. Applied Developmental Science, 19(1), 47–55. https://doi.org/10.1080/10888691.2014.980580
Wiyani, N. A. (2013). Menumbuhkan Pendidikan Karakter di SD (Konsep, Praktek dan Strategi). Ar-Ruzz Media.
Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di Sma Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11), 963–970.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Bina Desa
Jurnal Bina Desa
p-ISSN 2715-6311 e-ISSN 2775-4375
Published by Pusat Pengembangan KKN, LPPM, Universitas Negeri Semarang
Support by Unnes Journals, part of the Universitas Negeri Semarang.