PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI

Ningrum Pusporini Anggorowati(1),


(1) SMA Muhammadiyah Kudus Jalan Setia Kawan Kudus Kode Pos 20123

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaannya model pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) di SMAN I Brebes. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sosiologi kelas XI IPS 1 dan siswa kelas XI IPS 1. Hasil penelitian menunjukkan peer teaching memerlukan persiapan yang matang, dan setiap tahap pelaksanaan hendaknya dievaluasi untuk mendapatkan hasil yang baik. Faktor pendukung dalam pelaksanaan model pembelajaran tutor sebaya antara lain yaitu adanya interaksi antara guru dengan siswa, minat belajar siswa cukup tinggi, guru dan siswa lebih akrab dalam kegiatan pembelajaran, keterlibatan tutor sebaya dalam kelompok belajar membuat suasana pembelajaran lebih menarik, sedangkan faktor penghambatnya antara lain yaitu kurangnya persiapan dari para tutor, sarana dan prasarana kurang memadai, kegiatan pembelajaran kurang kondusif, dan sumber belajar kurang memadai.

The objective of this study is to examine the implementation of peer tutoring learning model (peer teaching) in SMAN I Brebes. Subjects in this study were teachers sociology class XI IPS 1 and class XI IPS 1. Results show that the implementation of peer teaching requires preparation, and each stage of the implementation should be evaluated to obtain good results. Factors supporting the implementation of peer tutoring learning model, among others, the interaction between teachers and students, and also student interest is high; teachers and students are more familiar in learning activities, and peer tutor involvement in the study group to make the learning environment more attractive. The inhibiting factor of peer teaching strategy include among others the lack of preparation of the tutors, inadequate infrastructure, lack of conducive learning activities, and learning resources are inadequate.

Keywords

model learning; peer tutor; sociology subject.

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, A. dan Supriyono, W. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Annuur, L. 2009. Efektivitas Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Pokok Bahasan Unsur-unsur Fisik Wilayah Indonesia Kelas VIII Semester 1 SMPN 2 Patebon-Kendal Tahun 2008/2009. Skripsi. Semarang: FIS UNNES

Depdiknas. 2003. Kompetensi Berbasis Kompetensi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Djamarah, S.B. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Huda, A.Q. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Peer Tutoring (Tutor Sebaya) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kompetensi Dasar Hidrosfer Siswa Kelas VII SMPN 07 Kota Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Semarang: FIS UNNES

Milles, B.M. & Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press

Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Muntasir. 2007. Penerapan metode tutor sebaya dalam mengoptimalkan pembelajaran (online), http://smkswadayatmg.wordpress.com/27/09/2007. (diakses tanggal 18 Desember 2007)

Rachmiati, T. 2010. Penggunaan Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akuntansi Siswa kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Sawali. 2009. Diskusi Kelompok Terbimbing Model Tutorial Sebaya. (online), http://sawali.info/2009. (diakses tanggal 3 Mei 2009)

Semiawan, C., dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: PT Grasindo (Gramedia Widiasarana Indonesia)

Silberman, M. 2001. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Yappendis (Yayasan Pengkajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Pendidikan Islam)

Spradlay, J.P. 2006. Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana

Sudjana, N. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI

Supratman, D. 2007. Proses Pendidikan Tuntas (Model-model Pembelajaran dalam Strategi Portofolio). Semarang: UNNES

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2002. Kamus besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Winataputra, U.S. 2000. Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR). Depdikbud

Wirawan, A. 2010. Pengembangan Pembelajaran Inkuiri Sosial Pada Materi Interaksi Sosial Sosiologi. Jurnal Komunitas, 2 (2): 97-105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.