PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI
(1) SMA Muhammadiyah Kudus Jalan Setia Kawan Kudus Kode Pos 20123
Abstract
The objective of this study is to examine the implementation of peer tutoring learning model (peer teaching) in SMAN I Brebes. Subjects in this study were teachers sociology class XI IPS 1 and class XI IPS 1. Results show that the implementation of peer teaching requires preparation, and each stage of the implementation should be evaluated to obtain good results. Factors supporting the implementation of peer tutoring learning model, among others, the interaction between teachers and students, and also student interest is high; teachers and students are more familiar in learning activities, and peer tutor involvement in the study group to make the learning environment more attractive. The inhibiting factor of peer teaching strategy include among others the lack of preparation of the tutors, inadequate infrastructure, lack of conducive learning activities, and learning resources are inadequate.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A. dan Supriyono, W. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Annuur, L. 2009. Efektivitas Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Pokok Bahasan Unsur-unsur Fisik Wilayah Indonesia Kelas VIII Semester 1 SMPN 2 Patebon-Kendal Tahun 2008/2009. Skripsi. Semarang: FIS UNNES
Depdiknas. 2003. Kompetensi Berbasis Kompetensi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Djamarah, S.B. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Huda, A.Q. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Peer Tutoring (Tutor Sebaya) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kompetensi Dasar Hidrosfer Siswa Kelas VII SMPN 07 Kota Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Semarang: FIS UNNES
Milles, B.M. & Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press
Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Muntasir. 2007. Penerapan metode tutor sebaya dalam mengoptimalkan pembelajaran (online), http://smkswadayatmg.wordpress.com/27/09/2007. (diakses tanggal 18 Desember 2007)
Rachmiati, T. 2010. Penggunaan Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akuntansi Siswa kelas XI SMA Negeri 3 Surakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Sawali. 2009. Diskusi Kelompok Terbimbing Model Tutorial Sebaya. (online), http://sawali.info/2009. (diakses tanggal 3 Mei 2009)
Semiawan, C., dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: PT Grasindo (Gramedia Widiasarana Indonesia)
Silberman, M. 2001. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Yappendis (Yayasan Pengkajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Pendidikan Islam)
Spradlay, J.P. 2006. Metode Etnografi. Yogyakarta: Tiara Wacana
Sudjana, N. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI
Supratman, D. 2007. Proses Pendidikan Tuntas (Model-model Pembelajaran dalam Strategi Portofolio). Semarang: UNNES
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2002. Kamus besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Winataputra, U.S. 2000. Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR). Depdikbud
Wirawan, A. 2010. Pengembangan Pembelajaran Inkuiri Sosial Pada Materi Interaksi Sosial Sosiologi. Jurnal Komunitas, 2 (2): 97-105
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.