Studi Keterserapan Lulusan dan Kepuasan Pengguna bagi Alumni Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi FISIP UNNES

Fadly Husain(1), Atika Wijaya(2), Harto Wicaksono(3), Nurul Fatimah(4), Malik Ridwan Fauzi(5), Nizamuddin Alias(6),


(1) [SCOPUS ID: 57204421021] Department of Anthropology, Universitas Negeri Semarang
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(6) 

Abstract

Sepanjang perjalanannya, sebagai suatu wadah pendidikan Prodi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi telah meluluskan sebanyak 18 angkatan. Keberadaan lulusan serta akses dalam suatu pekerjaan menjadi suatu hal yang harus diketahui oleh lembaga tempat lulusan menempuh pendidikannya, karena luaran yang diberikan lulusan menjadi suatu indikator yang sangat penting sebagai sumber untuk mengetahui bagaimana kualitas penyelenggaraan pendidikan yang diselenggarakan Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi.  Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah (1) mengetahui keterserapan bidang kerja lulusan Prodi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi tahun 2020-2022, (2) mengetahui tingkat kepuasan pengguna alumni terhadap kinerja lulusan Prodi pendidikan Sosiologi dan Antropologi tahun 2020-2022.  Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan teknik cluster sampling dalam pengambilan sampelnya. Pengumpulan data menggunakan angket dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif.  Hasil tracer study memberikan gambaran jika dari 168 alumni terdapat 51% lulusan bekerja pada bidang pendidikan, sedangkan sebanyak 49% bekerja pada sektor non kependidikan seperti wiraswasta, wirausaha, dan bidang pemerintahan. Pengguna lulusan (stakeholder) memberikan penilaian terhadap kinerja alumni dengan kriteria baik dan sangat baik terutama dalam kategori: Etik, Kompetensi Utama, Kecakapan Penggunaan Teknologi Informasi, Komunikasi, Kerjasama Tim, dan Pengembangan Diri. Sebanyak 21% dari jumlah lulusan memilih untuk melanjutkan studi. Dari temuan yang ada, didapatkan masukan yang disampaikan yaitu: kualitas dalam mengerjakan penelitian bidang sosial, peningkatan kemampuan berbahasa asing, serta peningkatan pembelajaran yang berkaitan dengan agama. Masukan tersebut diberikan sebagai masukan untuk upaya peningkatan kualitas lulusan Prodi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi selanjutnya.

Keywords

Alumni, Tracer study, Sosant, UNNES

References

Akbar, R., & Mukhtar, M. (2020). Perancangan E-Tracer Study berbasis Sistem Cerdas. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 9(1), 8-12.

Asmawati, L., & Hidayat, S. (2018). Peningkatan Kualitas Lulusan Magister Teknologi Pembelajaran Relevansi dalam Dunia Kerja Melalui Tracer Study Angkatan 2012.1 Sampai Dengan Angkatan 2016.2. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 5(2).

Basri, A. S. H., & Hasan, S. (2011). Eksistensi dan Peran Alumni dalam Menjaga Kualitas Mutu Fakultas Dakwah. Jurnal Dakwah, 11(1), 137-158.

Fatimah, N., Prasetyo, K. B., Wicaksono, H., Fajar, & Gustaman, F. A. (2017). Penelusuran Kepuasan Stakeholder (Pengguna Alumni) Terhadap Kinerja Lulusan Jurusan Sosiologi dan Antropologi FIS UNNES Lulusan Tahun 2013-2016.

Fauzi, H., Aprianto, I., Amiruddin, A., & Zulqarnain, Z. (2020). Strategi Pengembangan Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(5), 416-424.

Hilendria, B. A., Junaidi, L. T., Effendi, L., & Astuti, W. (2019). Eksistensi dan Peran Alumni dalam Menjaga Kualitas Mutu Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram. Jurnal Riset Akuntansi Aksioma, 18(2).

Mardzotillah, Q., & Ridwan, M. (2020). Sistem Tracer Study Dan Persebaran Alumni Berbasis Web Di Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang. Jutis (Jurnal Teknik Informatika), 8(1), 90-106.

Mifrahi, M. N., & Darmawan, A. S. (2022). Analisis tingkat pengangguran terbuka di Indonesia periode sebelum dan saat pandemi covid-19. Jurnal Kebijakan Ekonomi dan Keuangan, 111-118.

Mustofa, M. (2010). “Penelusuran Keterserapan Lapangan Kerja Alumni (Tracer Study) Jurusan Sosiologi dan Antropologi FIS UNNES. Semarang.

Nasehudin, T., & Gozali, N. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Nurizzati, Y. (2020). Tracer Study Alumni Mahasiswa Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Iain Syekh Nurjati Cirebon. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 9(2).

Prasetyo, K. B., Fatimah, N., Rini, H, S., Gustaman, F. A., Wicaksono, H., & Fajar. (2019). Keterserapan Bidang Kerja dan Penelusuran Kepuasan Stakeholder (Pengguna Alumni) Terhadap Kinerja Lulusan Jurusan Sosiologi Dan Antropologi FIS UNNES Lulusan Tahun 2016-2018.

Putri, A., Azzahra, A., Andiany, D. D., Abdurohman, D., Sinaga, P. P., & Yuhan, R. J. (2021). Perbandingan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengangguran Terbuka di Indonesia Sebelum dan Sesaat Pendemi Covid-19. Jurnal Kajian Ekonomi dan Pembangunan, 3(2), 71-86.

Rizka, M., Amri, A., Hendrawaty, H., & Mahdi, M. (2018). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Tracer Study Berbasis WEB. Jurnal Infomedia: Teknik Informatika, Multimedia & Jaringan, 3(2), 68-73.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siahaan, A., Syukri, M., Nazri, E., & Azmar, A. (2022). Peningkatan Kualitas Pendidikan Sekolah Unggulan dan Perguruan Tinggi. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 175-193.

Singgih, D. (2022). “Penggunaan Metode Kuantitatif Untuk Mengidentifikasi Tipe Komunitas,” in Metode Penelitian Sosial : Berbagai Alternatif Pendekatan (B. Suyanto & Sutinah, Eds.). Jakarta: Kencana.

Subekti, E. E., Cahyadi, F., & Priyanto, W. (2021). Studi Penelusuran (Tracer Study) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Tahun Lulus 2015-2019. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 220-236.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Banfung: Alfabeta.

Suking, A., & Arwildayanto, B. M. (2020). Strengthening The Accreditation Of Study Program Through Tracer Study. The Challenges of Educational Management And Administration in Competitive Environment, 379.

Wuradji. (2010). Studi Penelusuran Lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.