KEEFEKTIFAN MODEL WRITING WORKSHOP BERBANTUAN AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Hartati Hartati(1),


(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji keefektifan model pembelajaran Writing Workshop berbantuan Media Audio Visual terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V (2) Menguji keefektifan model writing workshop berbantuan media audio visual terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis narasi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sukorejo 02, dan siswa kelas V SDN Karanganyar 02 Kota Semarang. Penentuan sampel digunakan teknik “Randomized Group Assignmentâ€. Hasil penelitian menunjukkan 1) Dengan mengontrol variabel inteligensi dan pengetahuan awal, model pembelajaran Writing Workshop berbantuan Media Audio Visual lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD, dimana F hitung (Fo) = 4,608 dan F probabilitas (Fp) = 0,017.; (2) Dengan mengontrol variabel inteligensi dan pengetahuan awal, model pembelajaran Writing Workshop berbantuan Media Audio Visual lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD, dimana F hitung (Fo) = 6,865 dan F probabilitas (Fp) = 0,003.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.