PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII C SEMESTER 2 SMP NEGERI 1 UNGARAN

Kuswahyu Widiyanti(1),


(1) SMP Negeri 1 Ungaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi cahaya dan alat optik melalui pembelajaran inkuiri terbimbing. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 1 Ungaran yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (tiga) siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Untuk memperoleh data keaktifan menggunakan lembar observasi keaktifan peserta didik, dan data hasil belajar menggunakan tes hasil belajar. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata keaktifan peserta didik 49% pada pra siklus, 51,38% pada siklus I dan 72,05 % pada siklus II.  Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada pra siklus sebesar 74,17 dengan ketuntasan belajar 56% , pada siklus I sebesar 76,03 dengan ketuntasan belajar 64 %, dan pada siklus II sebesar 84,65 dengan ketuntasan belajar sebesar 78%.  Kesimpulan penelitian ini adalah (1) pembelajaran IPA materi cahaya dan alat optik melalui pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keaktifan peserta didik; (2) pembelajaran IPA materi cahaya dan alat optik melalui pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.