PENGEMBANGAN BUKU MENGGAMBAR ILUSTRASI

Farikha Ana Savitri,Deni Setiawan(1),


(1) SDN Banding 01 Semarang

Abstract

Masalah kegiatan pembelajaran pada materi gambar ilustrasi adalah memilih dan menentukan media yang tepat dalam rangka membantu siswa mencapai kompetensi, sehingga diperlukan pengembangan media buku panduan menggambar ilustrasi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VI SDN Banding 02 Semarang yang berjumlah 20 orang. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen One Group Pretest-Postest Design. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase, uji normalitas, uji t dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan menggambar ilustrasi layak digunakan dengan persentase penilaian kelayakan media 96,42% dan kelayakan materi 90,90%. Buku panduan menggambar ilustrasi berpengaruh terhadap hasil belajar dengan adanya perbedaan rata-rata melalui uji t sebesar 8,801, dan peningkatan rata-rata (n-gain) sebesar 0,73418 dengan kriteria tinggi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.