PENDIDIKAN LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENCIPTAKAN SEKOLAH HIJAU

Munisah Munisah, Arini Estiastuti, Kurniana Bektiningsih, Atip Nurharini(1),


(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pembelajaran IPS di sekolah merupakan salah satu mata pelajaran akademis yang sengaja dirancang dan dilaksanakan untuk mengembangkan cinta lingkungan warga negara Indonesia mulai dari tingkat usia dini, SD, SMP, SMA, bahkan perguruan tinggi. Pendidikan kepedulian lingkungan pada pembelajaran IPS dapat lebih berhasil apabila menerapkan pendekatan pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, komunikatif, dan bekerja keras. Adapun pendekatan tersebut adalah melalui model project based learning. Tujuan penelitian yaitu: penerapan pendidikan lingkungan melalui pembelajaran IPS dengan pendekatan Project based learning dalam menciptakan sekolah hijau. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan random sampling secara undian Jumlah sampel yaitu 40 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan lingkungan merupakan suatu program pendidikan untuk membina siswa agar memiliki pengertian, kesadaran, sikap, dan perilaku yang rasional serta bertanggung jawab tentang pengaruh timbal balik antara warga sekolah dengan lingkungan sekolah dalam berbagai aspek kegiatan. Adapun kegiatan tersebut antara lain: 1. membiasakan sikap toleransi pada sesama, 2. membiasakan kepedulian terhadap lingkungan, 3. membiasakan rasa bangga, 4. sikap apresiatif, 5. membiasakan rasa gotong royong, 6. membiasakan sikap tanggung jawab, dan 7. Mengembangkan sikap disiplin.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.