PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET BERBASIS TAI PADA MUATAN IPS
(1) Universitas Negeri Semarang
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan media kartu kuartet berbasis Team Assisted Individualization (TAI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini Research and Development (RnD). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Wanayasa tahun pelajaran 2018/2019. Pengembangan kartu kuartet berbasis TAI menggunakan tahapan penelitian pengembangan menurut Sugiyono (2015) yang disederhanakan menjadi 8 tahapan. Hasil penelitian menunjukan media kartu kuartet berbasis Team Assisted Individualization (TAI) mendapatkan persentase penilaian kelayakan media dari ahli media sebesar 98,89% dan ahli materi sebesar 88,89% dengan kriteria sangat layak. Pada hasil tanggapan siswa dan guru menunjukan persentase 92,3% dan 94,4% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil uji keefektifan media, terdapat peningkatan terhadap kemampuan berpikir kreatif yang memperoleh indeks N-Gain sebesar 0,656 dalam kriteria sedang pada kelompok kecil dan memperoleh indeks N-Gain 0,661 dalam kriteria sedang pada kelompok besar. Selain itu, terdapat pula peningkatan terhadap hasil belajar siswa dengan memperoleh indeks N-Gain sebesar 0,535 dalam kriteria sedang pada kelompok kecil dan memperoleh indeks N-Gain sebesar 0,628 dalam kriteria sedang pada kelompok besar. Simpulan penelitian adalah media kartu kuartet berbasis Team Assisted Individualization (TAI) layak digunakan dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.