PENGUATAN KETERAMPILAN PENYUSUNAN SOAL ONLINE BERBASIS HOTS DENGAN APLIKASI GOOGLE FORM BAGI GURU-GURU SD DI KOTA SEMARANG

Sri Sulistyorini(1), Eko Purwanti(2), Barokah Isdaryanti(3), Sri Sami Asih(4), Arini Estiastuti(5), Zaenal Abidin(6),


(1) PGSD FIP Unnes
(2) PGSD FIP Unnes
(3) PGSD FIP Unnes
(4) PGSD FIP Unnes
(5) PGSD FIP Unnes
(6) PGSD FIP Unnes

Abstract

Hasil studi pendahuluan menunjukan bapak ibu guru di Gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat belum memahami dengan baik teknik membuat instrumen soal HOTS, sementara kebijakan terkait dengan soal HOTS sudah di instruksikan dalam implementasi Kurikulum 2013. Dengan demikian guru memerlukan pengetahuan dan keterampilan tersebut untuk lebih meningkatkan kualitas evaluasi hasil pembelajaran. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat kepada guru-guru di gugus Srikandi Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang  adalah (1) meningkatkan pemahaman guru Sekolah Dasar (SD ) tentang konsep penyusunan soal HOTS, (2) meningkatkan keterampilan guru SD untuk menyusun RPP berorientasi HOTS dan; (3) mengembangkan soal online berbasis HOTS dengan aplikasi google form. Metode pelaksanaan  mengacu kepada analisis situasi program-program yang disepakati bersama dengan Kelompok Kerja Gugus Srikandi Kec Semarang Barat adalah  ceramah, diskusi, demonstrasi dalam workshop daring penyusunan soal HOTS. Hasil pengabdian masyarakat peserta terampil menyusun soal HOTS, terampil menyusun RPP berorientasi HOTS dan terampil membuat soal online berbasis HOTS dengan menggunakan aplikasi google form. Hal itu terlihat dari 38 peserta nilai pretest rata-rata nilai 57 setelah mengikuti workshop daring nilai pos-test naik menjadi 81.  Selain itu dihasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP berorientasi HOTS, soal HOTS dan soal online berbasis HOTS menggunakan aplikasi googleform. Luarannya berupa artikel di proceeding nasional, artikel ilmiah pada media cetak/elektronik, dan buku panduan keterampilan penyusunan soal HOTS bagi guru-guru SD ber-ISBN.

Keywords

HOTS, RPP, google form

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.