PENGEMBANGAN E-MODUL BEMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 2 WARUROYOM

Rizki Bayu Pratama(1),


(1) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Bermuatan Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 2 Waruroyom, untuk mengetahui perancangan e-modul bermuatan kearifan lokal pada pembelajaran tematik kelas V, dan untuk mengetahui kelayakan e-modul bermuatan kearifan lokal pada pembelajaran tematik kelas V.Penelitian dijalankan menggunakan metode Research & Development. Tahap validasi melibatkan 5 orang subjek yaitu empat orang ahli materi dan satu orang ahli media dilibatkan untuk menilai kelayakan materi dan desain e-modul yang baik dan benar.E-modul ini dibuat untuk menunjang penambahan materi khususnya pada pembelajaran tematik sehingga bisa meingkatkan motivasi dan hasil belajar yang baik serta bisa memanfaatkan penggunaan Smartphone para peserta didik untuk bisa belajar melalui e-modul ini.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kelayakan oleh ahli materi dengan nilai 93,5%, sedangkan kelayakan oleh ahli media dengan nilai 62,5% dan dengan itu didapatkan hasil akhir untuk kelayakan e-modul tematik kelas V yaitu 78%. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul dengan menggunakan software Sigil yang dihasilkan dalam penelitian ini dianggap layak untuk digunakan dalam pembelajaran tematik bermuatan kearifan lokal.

Keywords

E-modul, Kearifan Lokal, Kelayakan, Penelitian

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.