PROFIL PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI STANDAR ISI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP/MTS DI KOTA SEMARANG
(1) 
Abstract
KTSP disusun berdasarkan paradigma baru, yaitu perubahan dari paradigma
keilmuan ke paradigma kompetensi lulusan. Paradigma baru itu harus
diimplementasikan di sekolah agar terjadi peningkatan mutu penddikan,
termasuk mutu pembelaaran bahasa Indonesia. Permasalahan yang ingin
dipecahkan dalam penelitian ini meliputi: (1) bagaimana permasalahan yang
dihadapi guru, (2) bagaimana permasalahan yang dihadapi siswa kaitannya
dengan kesiapannya untuk mengikuti proses pembelajaran yang berbasis
penguasaan kompetensi? (3) bagaimana tanggapan/persepsi dan partisipasi
guru lain dan kepala sekolah terhadap guru bahasa tersebut? (4) bagaimana
cara analisis dan pemecahan masalah yang ditemukan, dan (5) bagaimana
mengembangkan mekanisme kerja sama antarinstansi? Subjek percontoh
dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia, siswa, dan kepala SMP/MTs
di Kota Semarang di 10 sekolah. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian
ini dikelompokkan menjadi dua hal, yaitu (1) pengumpulan data untuk
menjaring kondisi penguasaan kurikulum/standar isi tenaga kependidikan di
SMP/MTs Kota Semarang dalam pengembangan dan pelaksanaan standar isi
dan (2) penyusunan silabus, pengembangan RPP, dan peningkatan kualitas
pembelajaran guru. Analisis data menggunakan metode analisis kontekstual
dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian secara umum standar isi
belum sepenuhnya diimplementasikan di sekolah. Hal ini dibuktikan dengan
rendahnya kemmapuan guru dalam hal (1) pemahaman dan penguasaan
tentang standar isi, (2) kemampuan menyusun silabus, (3) kemampuan
menyusun rencana pembelajaran, (4) kemampuan melaksanakan
pembelajaran berorientasi kompetensi siswa dan pemahaman pembelajaran
secara kontekstual dan inovatif, (5) kemampuan memilih dan menyiapkan
bahan pembelajaran, dan (6) kemampuan melaksanakan penilaian berbasis
kelas dan tindak lanjut dari penilaian tersebut. Rekomendasi dari hasil
penelitian standar isi untuk mata perlajaran Bahasa Indonesia perlu intensitas
pelatihan yang terkontrol dan terukur kepada guru dengan pendampingan
yang kontinu dan beresinambungan.
Kata Kunci: standar isi, sulabus, pembelajaran kontekstual, pembelajaran
inovatif, penilaian berbasis kelas
keilmuan ke paradigma kompetensi lulusan. Paradigma baru itu harus
diimplementasikan di sekolah agar terjadi peningkatan mutu penddikan,
termasuk mutu pembelaaran bahasa Indonesia. Permasalahan yang ingin
dipecahkan dalam penelitian ini meliputi: (1) bagaimana permasalahan yang
dihadapi guru, (2) bagaimana permasalahan yang dihadapi siswa kaitannya
dengan kesiapannya untuk mengikuti proses pembelajaran yang berbasis
penguasaan kompetensi? (3) bagaimana tanggapan/persepsi dan partisipasi
guru lain dan kepala sekolah terhadap guru bahasa tersebut? (4) bagaimana
cara analisis dan pemecahan masalah yang ditemukan, dan (5) bagaimana
mengembangkan mekanisme kerja sama antarinstansi? Subjek percontoh
dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia, siswa, dan kepala SMP/MTs
di Kota Semarang di 10 sekolah. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian
ini dikelompokkan menjadi dua hal, yaitu (1) pengumpulan data untuk
menjaring kondisi penguasaan kurikulum/standar isi tenaga kependidikan di
SMP/MTs Kota Semarang dalam pengembangan dan pelaksanaan standar isi
dan (2) penyusunan silabus, pengembangan RPP, dan peningkatan kualitas
pembelajaran guru. Analisis data menggunakan metode analisis kontekstual
dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian secara umum standar isi
belum sepenuhnya diimplementasikan di sekolah. Hal ini dibuktikan dengan
rendahnya kemmapuan guru dalam hal (1) pemahaman dan penguasaan
tentang standar isi, (2) kemampuan menyusun silabus, (3) kemampuan
menyusun rencana pembelajaran, (4) kemampuan melaksanakan
pembelajaran berorientasi kompetensi siswa dan pemahaman pembelajaran
secara kontekstual dan inovatif, (5) kemampuan memilih dan menyiapkan
bahan pembelajaran, dan (6) kemampuan melaksanakan penilaian berbasis
kelas dan tindak lanjut dari penilaian tersebut. Rekomendasi dari hasil
penelitian standar isi untuk mata perlajaran Bahasa Indonesia perlu intensitas
pelatihan yang terkontrol dan terukur kepada guru dengan pendampingan
yang kontinu dan beresinambungan.
Kata Kunci: standar isi, sulabus, pembelajaran kontekstual, pembelajaran
inovatif, penilaian berbasis kelas
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.