Pengembangan Media Busy Book Tema Angka untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata pada Anak Usia Dini
(1) Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini, yaitu 1) Menganalisis kebutuhan guru terhadap media Busy Book tema angka untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada anak usia dini, 2) Mengetahui prosedur pengembangan media Busy Book tema angka untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada anak usia dini, dan 3) Mengetahui hasil validasi ahli terhadap media Busy Book tema angka untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada anak usia dini yang dikembangkan oleh penulis.Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan lima tahapan, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi desain.Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, menunjukkan bahwa pendidik menghendaki adanya pengembangan media baru yang kreatif, inovatif dan efektif yang dilengkapi dengan permainan kecil di setiap halamannya. Hasil validasi oleh ahli materi mendapat nilai rata-rata keseluruhan 8,5 dengan skor 3 yang berarti media layak untuk digunakan, sedangkan hasil validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran berbentuk Busy Book mendapat nilai rata-rata keseluruhan 93.9 dengan skor 4 yang berarti media sangat layak untuk digunakan. Media kemudian diperbaiki sesuai saran perbaikan yang diberikan para ahli pada aspek-aspek tertentu.
The purpose of this study, namely 1) Analyzing the needs of teachers for the Busy Book media of numerical themes to improve vocabulary mastery in early childhood, 2) Knowing the procedures for developing Busy Book media for numerical themes to improve vocabulary mastery in early childhood, and 3) Knowing the results expert validation of the Busy Book media theme of numbers to improve vocabulary mastery in early childhood developed by the author. This research uses the Research and Development (R&D) method with five stages, namely: 1) potential and problems, 2) data collection, 3) product design, 4) design validation, and 5) design revision. Based on the results of the needs analysis, it shows that educators want the development of new, creative, innovative and effective media that are equipped with small games on each page. The results of the validation by the material experts got an overall average score of 8.5 with a score of 3 which means the media was suitable for use, while the results of the validation by the media experts showed that the learning media in the form of Busy Book got an overall average score of 93.9 with a score of 4 which means the media very feasible to use. The media is then repaired according to the suggestions given by experts on certain aspects.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.