Pengembangan Media Balok Kata Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata pada Siswa Kelas 6B SD Tunas Harum Bangsa

Amartya Elang Permata Wardhana(1), Anggraeni Anggraeni(2), Rina Supriatnaningsih(3), Sheyra Silvia Siregar(4),


(1) Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang
(3) Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang
(4) Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini berdasarkan dengan hasil observasi media pembelajaran di SD Tunas Harum Bangsa masih kurang dan sering menggunakan media yang berulang-ulang yang menjadikan siswa mudah bosan dalam pembelajaran kosakata bahasa mandarin. Untuk meningkatkan siswa menguasai kosakata bahasa mandarin diperlukan media yang kreatif dan inovatif. Dengan adanya media pembelajaran yang menarik akan membuat siswa seperti belajar sambil bermain. Media pembelajaran tidak semuanya bisa digunakan untuk belajar sambil bermain. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media yang berupa balok kata.Tujuan penelitian ini, yaitu 1) Menganalisis kebutuhan siswa terhadap media balok kata untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas 6B SD Tunas Harum Bangsa, 2) Mendeskripsikan prosedur pengembangan media balok kata untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas 6 B SD Tunas Harum Bangsa, dan 3) Mendeskripsikan validasi para ahli terhadap media Pembelajaran balok kata untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa kelas 6B SD Tunas Harum Bangsa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan lima tahapan, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi desain.Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, menunjukkan bahwa siswa menerima adanya pengembangan media baru yang kreatif dan inovatif yang setiap sisi terdapat kosakata yang sedang dipelajari. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan nilai rata-rata 87,5 dengan skor 4 yang dikatakan media sangat layak digunakan, sedangkan hasil validasi materi mendapatkan nila rata-rata 88 dengan skor 4 yang termasuk dalam kategori sangat sesuai untuk digunakan. Setelah itu, media diperbaiki sesuai dengan saran yang diberikan oleh para ahli pada aspek tampilan media.

Keywords

Learning media; Word block; Vocabulary; Chinese language

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.