Hubungan Antara Kemampuan Membaca Dengan Kemampuan Menerjemahkan Teks Berbahasa Mandarin Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2018

Suffan Alauddin Al Mahiyagsi(1), Ria Riski Marsuki(2), Rina Supriatnaningsih(3), Anggraeni Anggraeni(4),


(1) Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(4) Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Kemampuan membaca merupakan suatu unsur yang sangat penting dalam pendidikan Bahasa mandarin. Selain itu, membaca membantu siswa untuk memahami kata-kata yang dibaca, mengidentifikasi arti kata, menerka arti kata yang belum dikenal, menangkap ide pokok bacaan, menangkap perincian, dan memahami maksud penulis. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Data dan sumber data diperoleh dari 16 mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2018 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang tahun ajaran 2020/2021. Dari hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa kemampuan membaca seorang mahasiswa sangat mempengaruhi kemampuan menerjemahkan mahasiswa itu sendiri, yakni sebesar 90,7%. Dilihat dari hasil skoring yang dilakukan pada mahasiswa aspek intonasi, lafal dan kelancaran dalam membaca memiliki pengaruh yang paling signifikan. Kurangnya kemampuan mahasiswa dalam menerjemahkan teks berbahasa mandarin disebabkan oleh beberapa faktor seperti, kesalahan jeda, kesalahan penggunaan nada, dan kesalahan pengucapan atau pelafalan sebuah karakter.

Reading ability is a very important thing in Mandarin language education. In addition, reading helps students to understand the words they read, identify the meaning of words, the meaning of unfamiliar words, capture the main idea of reading, capture details, and understand the author's intent. The research method uses quantitative research methods. The research approach uses a descriptive analysis approach. Data and data sources were obtained from 16 students of the 2018 Mandarin Language Education Department, Faculty of Language and Arts, Semarang State University for the 2020/2021 academic year. From the results of the analysis of research data shows that the ability to read a student greatly affects the ability to translate the students themselves, which is equal to 90.7%. Judging from the results of scoring conducted on students, intonation, pronunciation and assessment in reading have the most influence. The lack of students' ability in translating Chinese texts is caused by several factors, such as pause errors, incorrect use of tone, and errors in pronunciation or pronunciation of a character.

Keywords

Hubungan, kemampuan, membaca, menerjemahkan, teks, bahasa mandarin

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.