Efektifitas Metode Cooperative Script Untuk Meningkatkan Kosa Kata Siswa Kelas 10 SMK Negeri 2 Semarang Dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin
(1) Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
(4) Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Abstract
Bahasa mandarin mengalami perkembangan minat di SMA /SMK yang ada di Semarang khususnya di SMK Negeri 2 Semarang.namun,kemampuan kosa kata siswa masih tergolong rendah. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan kosa kata siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas serta respon siswa terhadap model pembelajaran cooperative. Adapun metode yang digunakan yaitu metode berpasangan jenis pembelajaran cooperative script. Data sampel berasal dari siswa kelas 10 SMK Negeri 2 Semarang, yang terdiri dari kelas kontrol (UPW 1 ) sebanyak 36 siswa, dan kelas eksperimen (UPW 2 ) sebanyak 36 siswa melalui angket dan post test. Data dianalisis dengan uji validitas dan r ealibilitas ser ta uji hipotesis. Hasil perbandingan post test antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen memiliki nilai signifikan 0,422 < 0 ,520, dengan rata rata kelas kontrol 81,94 sedangkan kelas eksperimen 87,78. Adapun hasil angket ketertarikan siswa terhadap metode cooperative script dikelas menunjukkan sebanyak 61,1% siswa tertarik, 33,3% siswa netral dan 0,5% tidak setuju. Dengan demikian, model cooperative script mampu meningkatkan kemampuan kosa kata siswa jika dibanding dengan metode konvensional.
Mandarin has experienced a development of interest in high schools / vocational schools in Semarang, especially at SMK Negeri 2 Semarang. However, students' vocabulary skills are still relatively low. Therefore, appropriate learning methods are needed to improve students' vocabulary skills. This study aims to describe the effectiveness and student responses to the cooperative learning model. The method used is the paired method of cooperative script learning. The sample data came from 10th grade students of SMK Negeri 2 Semarang, which consisted of 36 students in the control class (UPW 1), and 36 students in the experimental class (UPW 2) through a questionnaire and post test. Data were analyzed by testing the validity and reliability as well as testing the hypothesis. The results of the post-test comparison between the control class and the experimental class had a significant value of 0.422 <0.520, with an average control class of 81.94 while the experimental class was 87.78. The results of the student interest questionnaire on the cooperative script method in class showed that 61.1% of students were interested, 33.3% students were neutral and 0.5% disagreed. Thus, the cooperative script model is able to improve students' vocabulary skills when compared to the conventional method.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.