Pengaruh Metode Pembelajaran dan Presepsi Kinestetik terhadap Hasil Pembelajaran Lay Up Shoot Bola Basket

Nurul Huda(1),


(1) Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Veteran Semarang

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran inklusi dan penugasan terhadap hasil pembelajaran layup shoot, persepsi kinestetik tinggi dan rendah terhadap hasil pembelajaran lay up shoot, interaksi antara metode pembelajaran dan persepsi kinestetik terhadap hasil pembelajaran lay up shoot. Jenis penelitian eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2, sampel berjumlah 60. analisis data menggunakan two way anova. Hasil penelitian: 1) F tabel hitung 4,01 dengan rata-rata nilai pembelajaran inklusi 86,87 > 83,40 pembelajaran penugasan. 2) F hitung 8,027> F 4,01 dengan rata-rata nilai persepsi kinestetik tinggi 87,23 > 83,03 persepsi kinestetik rendah.3) Interaksi antara metode pembelajaran danpersepsi kinestetik terhadap hasil lay up shootF hitung 4,856 > F 4,01. Kesimpulan: terdapat perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran inklusi dan metode pembelajaran penugasan, 2) terdapat perbedaan pengaruh antara peserta didik dengan persepsi kinestetik tinggi dan rendah, 3) terdapat interaksi yaitu metode pembelajaran inklusi lebih baik dibandingkan metode penugasan terhadap hasil lay up shoot dalam permainan bolabasket

Keywords

Metode Pembelajaran; Persepsi Kinestetik; Pembelajaran Lay UpShoot Bola basket

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by:
Department of Sport Science, Universitas Negeri Semarang
Gd. F1 Lt. 1 FIK-UNNES, Jalan Raya Sekaran Gunungpati Semarang Indonesia 50229, Telp/Fax: (024) 8508007

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.