MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN SEJARAH TERINTEGRASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MEMBANGUN WAWASAN KEBANGSAAN
(1) Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP, Universitas Sebelas Maret, Surakarta
Abstract
The objective of the research is to describe: (1) prior condition of nationality insight among the students of Senior High Schools in Surakarta`, (2) the historical learning management conducted so far, (3) the form of need for the historical learning management model integrated in multicultural education, and (4) the form of historical learning management model integrated in multicultural education in Senior High Schools in Surakarta. This research is conducted using research and development designs. The subjects of research are students and history teachers of Senior High Schools in Surakarta. This study is conducted in explorative way using observation, interview, document analysis, instrument and FGD as techniques of collecting data. The data analysis is carried out using an interactive model of qualitative analysis. The result of research shows: (1) the nationality insight among the students is relatively low; (2) the teachers manage historical learning poorly, as identified from their low abilities of planning, organizing, implementing and evaluating the learning; (3) the teachers highly require the model of historical learning management integrated into multicultural education; and (4) the model of historical learning management integrated in multicultural education consists of learning planning, organization, implementation and evaluation steps.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) kondisi awal tentang wawasan kebangsaan di kalangan siswa SMA Kota Surakarta, (2) bentuk manajemen pembelajaran sejarah yang selama ini dilaksanakan, (3) bentuk kebutuhan terhadap model manajemen pembelajaran sejarah terintegrasi pendidikan multikultural, dan (4) bentuk model manajemen pembelajaran sejarah terintegrasi pendidikan multikultural di SMA Kota Surakarta. Penelitian ini dilaksanakan dengan desain research and development. Subjek penelitiannya adalah siswa dan guru sejarah SMA di Kota Surakarta. Penelitian ini dilakukan secara eksploratif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, analisis dokumen, angket dan FGD. Metode analisis data menggunakan analisis kualitatif model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) wawasan kebangsaan di kalangan siswa relatif rendah; (2) guru kurang mampu mengelola pembelajaran sejarah, hal itu teridentifikasi dari rendahnya kemampuan merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran; (3) guru sangat membutuhkan model manajemen pembelajaran sejarah terintegrasi pendidikan multikultural; dan (4) model manajemen pembelajaran sejarah terintegrasi pendidikan multikultural terdiri atas langkah-langkah perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 1996. Pengelolaan Kelas dan Siswa: Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2009. Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional. Jogjakarta: DIVA Press.
Bafadal, Ibrahim. 2006. Dasar-dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-kanak. Jakarta: Bumi Aksara.
Banks, James, A. 2000. Multicultural Education: Transforming the Mainstream curriculum. Connecticut: Dushkin? McGraw-Hill, A Division of The McGraw-Hill Companies
Borg, R. Walter dan Gall, Meredith D. 1989. Educational Research: An Introduction. Fifth Edition. Longman.
Buchori, Mochtar. 2000. Pendidikan Wawasan Kebangsaan: Masalah Program Dan Metode. Jakarta: Grassindo.
Budiardjo, Miriam. 1982. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia.
Futrell, M. H. 2010. “Transforming Teacher Education to Reform America’s P-20 Education System”. Journal of Teacher Education, 61 (5). Hlm. 432-440.
Hardjosatoto, Suhartoyo. 1985. Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia. Yogyakarta: PT. Liberty.
Hawkins, D. 1972. Human Nature and The Scope of education: philosophical Redirection of Educational Research. 71st. Yearbook for The national Society for The Study of Education, halaman 287-326.
Hendropuspito, D. OC. 1989. Sosiologi Sistematik. Yogyakarta: Kanisius.
Holtsi. KJ. 1998. Politik Internasional Kerangka untuk Analisis Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Imron, Ali. 2002. Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.
Kartodirjo, Sartono. 1994. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia.
Kartono, Kartini. 2004. Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Pemimpin Abnormal Itu? Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mahfud, Choirul. 2006. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Milles, M. B. dan Huberman, A. M. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of a New Method. Beverly Hill: Sage Publications.
Nata, Abudin. 2001. Peta Keragaman Pemikiran Islam di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Pidarta, Made. 2008. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta. Rineka Cipta.
Rauf, Maswadi. 2001. Konsensus dan konflik Politik: Sebuah Penjajakan Teoritis. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi – Depdiknas.
Richey, R.C. 2002. Instructional Design Competencies: The Standart. Syaracuse, New York: Clearinghouse on Instructional and Technology.
Setiadi, Elly M., Hakam, Kama A., dan Effendi, Ridwan. 2007. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Cetakan ke-2. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Soedjono, Roekmini. 1995. “Wawasan Kebangsaan”. Akademika, 3.
Soekanto, Soerjono. 1997. Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sopiatin, Popi. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suharno. 2010. “Pendidikan Multikultural dalam Islam (Kajian Pemikiran Azyumardi Azra)”. dalam Mahmud Arif (Ed.). Pendidikan Multikultural (Pemikiran dan Upaya Implementasinya). Yogyakarta: Idea Press.
Sumanto, Wasti. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Surbakti, Ramlan. 1992. Memahami Ilmu Politik. Jakarta: Gramedi Widya Sarana.
Terry, G.R. 2006. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Veeger, KJ. 1990. Realitas Sosial. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Widya, I Gde. 1989. Pengantar Ilmu Sejarah dalam Perspektif Pendidikan. Semarang: Satya Wacana.
Yamin, Martinis dan Maisah. 2009. Manajemen Pembelajaran Kelas, Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.