Pemanfaatan Sumber Belajar untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Budaya Jepang

Lispridona Diner

Abstract

Metode yang digunakan adalah metode observasi langsung.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket.Angket disebarkan kepada mahasiswa semester 1 yang mengikuti mata kuliah nihonjijosejumlah 58 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang angkatan 2013. Berdasarkan hasil dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa belajar budaya Jepang melalui pemanfaatan sumber belajar dapat memotivasi pembelajar bahasa Jepang dalam belajar budaya Jepang. Dari keempat sumber belajar yang dimanfaatkan ketika pembelajaran nihonjijo, penmanfaatan orang sebagai sumber belajar merupakan sumber belajar yang menjadi motivasi mahasiswa dalam belajar budaya Jepang paling tinggi.

Keywords

Sumber belajar, Motivasi belajar, Budaya Jepang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.