PENGEMBANGAN UMKM MADUMONGSO DENGAN PEMANFAATAN DANA DESA
Abstract
Madumongso adalah salah satu makanan khas Kudus, berbahan dasar ketan hitam, yang identik dihidangan pada Idul Fitri. Perkembangan madumongso tidak sepesat jenang yang telah menjadi oleh-oleh khas Kudus. Oleh karena itu, pembinaan UMKM madumongso perlu ditingkatkan. Peningkatan pembinaan tersebut adalah dengan memanfaatkan dana desa, yang salah satu peruntukannya adalah untuk pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat. Pembinaan UMKM madumongso dengan memanfaatkan dana desa pada pengabdian ini dilakukan pada UMKM madumongso di Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah 1) adanya peningkatan pengetahuan pelaku UMKM akan pemanfaatan dana desa untuk usaha; 2) peningkatan keterampilan mitra dalam pengemasan produk yang aman dan lebih berdaya jual. Pengabdian ini dilakukan dengan metode: 1) sosialisasi; 2) pelatihan; dan 3) pendampingan. Hasil yang diperoleh dari pengabdian ini adalah: 1) peningkatan pengetahuan UMKM tentang pemanfaatan dana desa untuk usaha; 2) peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam pengemasan yang baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
UU No.7 Tahun 1996 Tentang Pangan
Hadiyati, Ernani., 2008. Model Pemasaran dalam Pemberdayaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Gajayana, 5(1).
Jatengprov. 2017. Kabupaten Kudus. Diperoleh 20 Juli 2017 dari http:/ www.jatengprov.go.id
Kompasiana. 2017. Agar Pemanfaatan Dana Desa Tepat Sasaran. Diperoleh 18 Juli 2017 dari http://www.kompasiana.com
Kuduskab, Bae. 2017. Kecamatan Kota Bae. Diperoleh 22 Juli 2017 dari http://bae.kuduskab.go.id/ .
Kuduskab, Bae. 2017. Profil Pemerintahan Kabupaten Kudus. Diperoleh 22 Juli 2017 dari www.kuduskab.go.id.
Perbedaan-umkm-perkembangannya-di-indonesia. Diperoleh 30 Desember 2017 dari
https://www.jurnal.id/id/blog/2017/
Usaha kecil. 2017. Usaha Kecil Menengah. Diperoleh 25 Juli 2017 dari
http://www.usahakecil.com/usaha_kecil_menengah.html
Klimchuk, Marianne dan Sandra A. Krasovec. 2006. Desain Kemasan. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga..
Rangkuti, Freddy. 2005. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia.
Simamora, Bilson. 2007. Panduan Riset dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.