PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK MENGGUNAKAN REAKTOR BIOGAS DI KABUPATEN KENDAL

Sunyoto Sunyoto, Danang Dwi Saputro, Suwahyo Suwahyo

Abstract

Salah satu jenis energi alternatif dan terbarukan, yang sedang digalakkan saat ini adalah penggunaan biogas. Energi biogas merupakan energi yang dihasilkan dari pemanfaatan limbah/kotoran organik.Tujuan kegiatan ini adalah untuk membuat reaktor biogas dan memberikan pelatihan kepada khalayak sasaran tentang bagaimana memanfaatkan biogas sebagai bahan bakar alternatif bagi warga. Sebagai khalayak sasaran masyarakat Desa Jambearum, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal. Tim pelaksana kegiatan dipilih dari dosen dengan bidang keahlian yang sesuai dan dibantu teknisi dan mahasiswa. Metode pelaksanaaan program menggunakan metode ceramah dan diskusi untuk materi teori, dan praktik langsung untuk materi praktik. Kegiatan pengabdian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Telah dihasilkan satu unit reaktor biogas serta dilakukan pelatihan kepada khalayak sasaran tentang bagaimana cara membuat reaktor biogas, 2) Telah dilakukan pelatihan bagaimana cara mengoperasikan reaktor biogas serta memanfaatkan gas yang dihasilkan untuk bahan bakar, 3) Telah dilakukan pelatihan kepada khalayak sasaran tentang bagaimana memanfaatkan limbah biogas untuk diolah menjadi pupuk kompos, 4) Masyarakat menyambut baik kegiatan ini dan mengharapkan adanya tindak lanjut kegiatan.

Keywords

sampah organik reaktor biogas

Full Text:

PDF

References

Depdagri. 2008. Pemanfaatan Kotoran Ternak untuk Biogas. Jakarta: Direktorat pembinaan Masyarakat Desa, Depdagri

Iskandar, Sembiring, 2002. , http./www.waspada. co id/sem_&_budaya/tirai/artikel.php.article_id.62060

Paimin, Farry B. 2001. Alat Pembuat Biogas dari Batu Bata. Depok: Panebar Swadaya.

Rudy C. Tarumingkeng, Bambang Purwantara. 2005. Pemanfaatan Limbah Ternak Ruminansia untuk Mengurangi Pencemaran Lingkungan.

Said, Syahrudin. 2010. Biogas untuk Listrik Skala Rumah Tangga. Jakarta: Indocamp.

Suyitno, dkk. 2010. Teknologi Biogas. Yogyakarta: Graha Ilmu

Yuli Septyo Indiartono , 2005. “Reaktor Skala Kecil/Menengah” Berita Iptek 6 Desember 2005. http://www. beritaiptek com /pilih berita. Php ? id 142

Wahyuni, Sri . 2010. Biogas. Depok: Penebar Swadaya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.