PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENERAPAN MESIN PERONTOK PADI (POWER THRESHER) BAGI PETANI DI DESA KENTENG, KECAMATAN BANDUNGAN

Agus Suharmanto, Suwahyo Suwahyo, Sunyoto Sunyoto

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mendesain, membuat, melatih cara mengoperasikan, merawat dan memperbaiki kerusakan mesin perontok padi (power thresher), yang akan diterapkan pada para petani di Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan. Khalayak sasaran yang akan dilibatkan dalam kegiatan ini adalah petani padi di Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Jumlah petani aktif sekitar 15 orang. Sebagai tim pelaksana adalah dosen jurusan Teknik Mesin dengan bidang keahlian yang sesuai kebutuhan dan dibantu teknisi. Dalam pelaksanaan kegiatan menggunakan metode utama praktik langsung di lapangan. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, dapat diambil disimpulkan bahwa tim pelaksanana telah berhasil membuat satu unit mesin perontok padi (power thresher) yang dibutuhkan para petani di Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan. Dalam kegiatan ini juga telah dilakukan pelatihan tentang cara mengoperasikan mesin, merawat dan memperbaiki kerusakan ringan mesin perontok padi.

Keywords

pemberdayaan masyarakat; perontok padi;

Full Text:

PDF

References

Adi, Isbandi Rukminto. 2003. Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas. Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI.

Asror, M. 2010. Rancang Bangun Mesin Potong Limbah Dengan Kapasitas 500Kg/Jam. UNDIP: Semarang.

Gelbert M, Prihanto D, dan Suprihatin A, 1996. Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup dan ” Wall Chart ”. Buku Panduan Pendidikan Lingkungan Hidup.

Hidayat, M. 2006. Rancang Bangun Alat Mesin Pencacah Limbah Padi Untuk Penyiapan Bahan Pakan Ternak Ruminansia. Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian:Tangerang

Hurst, Ken. 1999. Prinsip-prinsip Perancangan Teknik. Terjemahan Refina Indriasari. Jakarta: Erlangga.

Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2001 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerapan dan Pengembangan Teknologi Tepat Guna.

Sonhadji, Ahmad. 2012. Manusia, Teknologi, dan Pendidikan. Malang: UM Press

Sucipto, Cecep Dani. 2012. Teknologi Pengolahan Daur Ulang Sampah. Yogyakarta:Gosyen Publishing

Tim penulis PS, 2008. Penanganan dan Pengolahan Sampah. Jakarta: Penebar Swadaya.

Unadi, A. 2009. Teknologi Alat dan Mesin Untuk Agribisnis Peternakan di Kawasan Perkebunan Sawit. Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian: Tangerang.

Yuwono, Dipo. 2007. Kompos. Depok; Penebar Swadaya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.