MODEL DEVELOPMENT COOPERATION IN ACCOUNTING SEMARANG

Walid Walid, Alamsyah Alamsyah

Abstract

prinsip-prinsip koperasi adalah landasan dasar Koperasi dalam menjalankan usahanya sebagai badan hukum dan gerakan ekonomi. Ulasan Prinsip-prinsip ini: kemerdekaan, keanggotaan terbuka, manajemen dilakukan secara demokratis, pembagian hasil usaha Dilakukan di proporsional adil untuk jumlah layanan bisnis dari masing-masing anggotanya, penyediaan remunerasi terbatas terhadap modal, pendidikan koperasi dan kerja sama antara koperasi, karakteristik koperasi yang membedakannya dari badan usaha lain adalah bahwa anggota koperasi memiliki identitas ganda yang juga pemilik services. With koperasi pengembangan kegiatan usaha koperasi, menuntut manajemen yang diterapkan dalam koperasi profesional akan semakin besar. manajemen profesional membutuhkan sistem akuntabilitas yang baik dan informasi yang relevan dan dapat diandalkan, untuk perencanaan dan pengendalian pengambilan keputusan koperasi. Salah satu upaya tersebut adalah pengembangan sistem informasi yang dibutuhkan untuk menumbuhkan akuntansi through koperasi, khususnya merumuskan standar akuntansi untuk penyusunan cooperative. Appropriate laporan keuanganya dalam pengembangan Koperasi dalam laporan keuangan Dilaporkan, sekarang dalam perumusannya telah menerbitkan Pernyataan Standar akuntansi keuangan (PSAK) No. 27 tentang perkoperasiaan akuntansi yang telah mendapat revisi pada tahun 1998. PSAK No. 27 mengandung karakteristik koperasi, struktur organisasi koperasi, usaha dan jenis koperasi, tujuan koperasi, struktur pengorganisasian koperasi, usaha dan jenis koperasi, tujuan koperasi, ruang lingkup kerjasama, definisi koperasi -definisi, standar penyajian laporan keuangan koperasi. KPRI Berguna sebagai mitra pertama yang memiliki masalah yang sangat serius terkait dengan manajemen handayani mart yang masih menggunakan model manual dalam semua bentuk bisnis, sehingga PKPRI Semarang di Unit Simpan Pinjam yang juga tidak menggunakan sistem komputerisasi dalam pengelolaan akuntansi keuangan di koperasi. Untuk perlua bahwa model akuntansi sekali koperasi dikembangkan pada kedua mitra menggunakan program visual basic dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi di kedua koperasi.

Keywords

Akuntansi; Laporan Keuangan; Visual Basic;

Full Text:

PDF

References

Adi Kurniada. 2001. Pemrograman Microsoft Visual basic 6.0. Jakarta : PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia. Jakarta

Ario Suryo Kusumo. 2001. Microsoft Visual basic 6.0. Jakarta : PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia. Jakarta

Daryanto. 2003. Belajar Komputer Visual Basic. Yrama Widya. bandung

Dirjen Pembinaan Koperasi Perkotaan. 1996/1997. Petunjuk Teknis Koperasi Simpan Pinjam/USP.

Hanel, Alfred, 1989. Basic Aspect of Coorperative Organization and Policies for Their Promotion in Developing Countries, Marburg.

Harpiadi. 2003. Pemrograman Database dengan ADO menggunakan Visual Basic 6.0.: PT Elex Media Komputindo, Gramedia

Henry Simamora, 2000. Akuntasi: Basis Pengambilan Keputusan Bisnis, Jilid 1, Penerbit Salema Empat, Jakarta.

Keputusan Menteri Koperasi, Pengusaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor : KEP/M/XII/1998, Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan USP oleh Koperasi.

M. Agus J. Alam. 2001. Menjadi MahirTanpa Guru. Manajemen Database dengan Microsoft Visual basic 6.0. Jakarta : PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia

Soemarso. 2002. Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta : Salemba Empat.

Standar Akuntansi Keuangan, 1996, PSAK No.27, Akuntansi Koperasi. Jakarta : Salemba Empat.

Pamungkas. 2001. Tip & Trik Microsoft Visual basic 6.0. Jakarta : PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia. Jakarta

Yuswanto. 2002. Visual Basic 6.0 Pemrograman Grafis dan Multimedia. Prestasi Pustaka. Surbaya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.