PENGEMBANGAN PERAGA SISTEM POWER WINDOW DENGAN REMOTE CAR WINDOWS PADA MATA KULIAH PRAKTIK KELISTRIKAN BODI

Hanindar Hyan Alamdaru(1),


(1) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penggunaan peraga ketika penyampaian belajar yang berkaitan dengan kehidupan nyata dinilai lebih baik dan sangat dianjurkan. Diharapkan penggunaan peraga dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan dan keefektifan peraga sistem power window dengan remote car windows yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analyze, Design, Develop, Impelementation dan Evaluation. Dalam uji coba yang dilakukan, penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest. Subjek uji coba penelitian berjumlah 20 mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Otomotif yang sedang atau sudah mengikuti mata kuliah praktik kelistrikan bodi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu instrumen tes dan angket. Hasil dari penelitian peraga yang sudah divalidasi dan diuji cobakan, hasil validasi memperoleh nilai presentase rata-rata sebesar 87,5% dari ahli media dan 90,6% dari ahli materi. Kedua penilaian ahli tersebut memperoleh kriteria sangat layak. Hasil dari uji coba pada mahasiswa dalam pembelajaran terbukti efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa yaitu nilai rata-rata pretest sebesar 63,48 dan nilai rata-rata posttest sebesar 82,72 dengan selisih nilai rata-rata sebesar 19,24 atau dengan peningkatan sebesar 30,31%, selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 7,95 dan ttabel sebesar 2,05 pada db=38 dan (?)= 5% (thitung > ttabel) yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar secara signifikan. Hasil dari penelitian didapatkan peraga sistem power window dengan remote car windows sangat layak dan efektif digunakan.

Keywords

power window; peraga; pengembangan

Full Text:

PDF

References

Annisah, S. 2014. Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah. Volume 11 Nomor 11, Hal: 2.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Hermanto, B. dan Suratno, S.M. 2012. Penggunaan Panel Peraga Power Window untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Kelistrikan Tambahan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 12, No. 1, Hal: 8-9.

Kristanto, D.R. dan Ansori, A. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Kelistrikan Body Otomotif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mahasiswa D3 Teknik Mesin UNESA. JPTM. Volume 01 Nomor 03, Hal: 48.

Murdiyanto, T dan Mahatma, Y. 2014. Pengembangan Alat Peraga Matematika untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. Volume 11 No 1, Hal: 38.

Prawiroredjo, K. dan Barasetiadi, B. 2009. Robot Mobil dengan Pengendali Jarak Jauh. TESLA. Vol. 11 No. 2, Hal: 76.

Rizkiansyah, I. dan Sukardiyono, T. 2013. Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Teknik Bermain Piano Berbasis Multimedia di Lembaga Kursus Music “Ethnictro” Yogyakarta. EJPTI (Jurnal Elektronik Pendidikan Informatika). Edisi 2, Volume 2, Nomor 1, Hal: 2-4.

Setiawan, E., Widjanarko, D. dan Budiyono, A. 2009. Pengembangan Panel Peraga Multifungsi Sistem Lampu Kepala Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Sistem Penerangan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Volume 9, Nomor 1: 22-29, Hal: 22-23.

Subkhi, A. dan Sumbodo, W. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Kelistrikan Otomotif dengan Menggunakan Alat Peraga Sistem Pengapian Konvensional. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 12, No. 1, Hal: 4.

Widjanarko, D., Sofyan, H. dan Surjono, H.D. 2014. Kebutuhan Media Pembelajaran Kelistrikan Otomotif di Lembaga Pendidikan Pencetak Calon Guru Teknik Otomotif. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin. Vol. 14, No. 1, Hal: 18.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License