Pengaruh Variasi Air Flow Rate Pada Valveless Pulsejet Engine Terhadap Gaya Dorong dan Kebisingan Berbahan Bakar Gas LPG

Afri Mukti Pribadi(1),


(1) Semarang State University

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi besar air flow rate pada valveless pulsejet engine terhadap gaya dorong dan kebisingan berbahan bakar gas LPG. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan penambahan variasi besar air flow rate . Hasil pengujian terhadap gaya dorong menunjukan ada peningkatan gaya dorong maksimal pada variasi air flow rate 12 m3/h dan variasi laju aliran bahan bakar 2,4 m3/h dengan rata-rata tertinggi besar gaya dorong dan kebisingan dari kinerja valveless pulsejet engine, yaitu sebesar 2,61 N dan tingkat kebisingan sebesar 105 dB. Sedangkan rata-rata gaya dorong dan kebisingan dari kinerja valveless pulsejet engine terendah didapat pada pengujian variasi air flow rate 3 m3/h dan variasi laju aliran bahan bakar 1,8 m3/h dengan gaya dorong sebesar 0,7 N dan tingkat kebisingan yang dihasilkan sebesar 98,4 dB. Selain itu, untuk mencapai gaya dorong yang maksimal dibutuhkan AFR 1 : 5. Dapat disimpulkan bahwa penambahan air flow rate pada valveless pulsejet engine berpengaruh terhadap gaya dorong, tingkat kebisingan dan air fuel ratio.

Keywords

air flow rate, valveless pulsejet engine, gaya dorong, kebisingan

Full Text:

PDF

References

Eko, B .,1990. Turbin Gas Konsep Dasar dan Penerapannya. Semarang : Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Semarang.

Karteek dan Praveen., 2014. Design of a Advanced Focused Wave Pulsejet Engine. Journal of Engineering and Technical Research. 2 (7) : 144 – 146.

Kudesia dan Bisen., 2015. Future Aspects of Valveless Pulsejet Engine. Journal of Advanced Technology in Engineering and Science. 03 (1) : 184 – 190.

Kristanto, P., 2015. Motor Bakar Torak. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.

Mardiyanto.,2008. Analisis Random Noise Pada Proses Pembakaran Motor Roket. Jurnal Litek. 5 (2) : 46-48.

Nakano, Zeutzius, Miyanishi, Setoguchi dan Kaneko. 1999. Studies On Pulsejet Engine by Wind Tunnel Testing. Journal of Rotating Machinery 7(2) : 79-85.

Primanda, B.F.,2012. Pemetaan Kebisingan Akibat Aktivitas Pesawat Dengan Software Integrated Noise (INM) Di Sekitar Bandar Udara Internasional Soekarno – Hatta. Skripsi. Depok. Universitas Indonesia.

Rusjadi D., 2015. Konsep Dasar Akustik Untuk Pengendalian Lingkungan. Yogyakarta : Graha Ilmu

Suganya, R., 2015. Design and Analysis of Improved Pulse Jet Engine. Journal of Scientific Engineering and Technologi Research 4 (14) : 2684 – 2687.

Suyitmadi.,2010. Analisis Peningkatan Efisiensi Turbofan Dengan Pembakaran Tambahan Pada Ruang Antar Tingkat Turbin. Jurnal Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto 2 (1) 1-12.

Tambunan.H.B,Koto dan Lubis.,2014. Usaha Mengurangi Kebisingan Knalpot Produksi IKM di Kota Medan. Jurnal 2 (14) : 1 -7.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License