PENGARUH VARIASI GEOMETRI NOZZLE PADA VALVELESS PULSEJET ENGINE TERHADAP GAYA DORONG DAN KEBISINGAN BERBAHAN BAKAR LPG
(1) Semarang State University
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi geometri nozzle pada valveless pulsejet engine terhadap gaya dorong dan kebisingan berbahan bakar lpg. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yang digunakan adalah metode pengujian. Mesin valveless pulsejet yang akan diuji terbuat dari bahan pipa stainless steel, dengan variasi nozzle 15°, 30°, dan 45°  dan variasi laju aliran bahan bakar 1,8 m3/h, 2,1 m3/h, dan 2,4 m3/h. Hasil pengujian dianalilis dengan teknik analisis deskriptif. Besar gaya dorong yang tertinggi dihasilkan dari variasi geometri nozzle 45° dengan variasi laju aliran bahan bakar 2,4 m3/h yaitu sebesar 2,56N dan nilai gaya dorong terkecil dihasilkan dari variasi geometri nozzle 15° dengan variasi laju aliran bahan bakar 1,8 m3/h yaitu sebesar 1,6 N. Sedangkan pada tingkat kebisingan yang dihasilkan dari kinerja valveless pulsejet engine dengan besar kebisingan yang tertinggi dihasilkan dari variasi geometri nozzle 45°dengan variasi laju aliran bahan bakar 2,4 m3/h yaitu sebesar 104,8 dB, dan kebisingan terndah dihasilkan dari variasi geometri nozzle 15° dengan variasi laju aliran bahan bakar 1,8 m3/h yaitu sebesar 99,9 dB.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arismunandar, W., 2002. Turbin Gas dan Motor Propulsi. Bandung : Institut Teknologi Bandung.
Eko, B .,1990. Turbin Gas Konsep Dasar dan Penerapannya. Semarang : Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Semarang.
Karteek dan Praveen., 2014. Design of a Advanced Focused Wave Pulsejet Engine. Journal of Engineering and Technical Research. 2 (7) : 144 – 146.
Kudesia dan Bisen., 2015. Future Aspects of Valveless Pulsejet Engine. Journal of Advanced Technology in Engineering and Science. 03 (1) : 184 – 190.
Kristanto, P., 2015. Motor Bakar Torak. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.
Mardiyanto.,2008. Analisis Random Noise Pada Proses Pembakaran Motor Roket. Jurnal Litek. 5 (2) : 46-48.
Primanda, B.F.,2012. Pemetaan Kebisingan Akibat Aktivitas Pesawat Dengan Software Integrated Noise (INM) Di Sekitar Bandar Udara Internasional Soekarno – Hatta. Skripsi. Depok. Universitas Indonesia.
Rusjadi D., 2015. Konsep Dasar Akustik Untuk Pengendalian Lingkungan. Yogyakarta : Graha Ilmu
Suganya, R., 2015. Design and Analysis of Improved Pulse Jet Engine. Journal of Scientific Engineering and Technologi Research 4 (14) : 2684 – 2687.
Tambunan.H.B,Koto dan Lubis.,2014. Usaha Mengurangi Kebisingan Knalpot Produksi IKM di Kota Medan. Jurnal 2 (14) : 1 -7.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License