PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGGUNAAN SCAN TOOL EFI BERBASIS FLASH PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI DAN MEMELIHARA ENGINE MANAGEMENT SYSTEM

Moh. Ma'ruf Mubasir(1),


(1) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan multimedia, keefektifan multimedia pada pembelajaran kompetensi dasar memahami dan memelihara engine management system, dan tanggapan siswa terhadap multimedia. Metode pengembangan menggunakan metode research and development. Untuk mengetahui keefektifan multimedia digunakan desain ujicoba true experimental jenis pretest-posttest control group design. Hasil uji kelayakan multimedia oleh ahli media sebesar 90,3% dan ahli materi 88%, hasil tersebut menunjukkan kriteria media yang dikembangkan sangat layak. Peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest kelas kontrol sebesar 29,05%, sedangkan kelas eksperimen sebesar 43,83%. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung untuk pretest sebesar -0,87 yang berarti tidak terdapat perbedaan, sedangkan untuk posttest sebesar 2,97 yang berarti terdapat perbedaan. Hasil perhitungan uji n-gain memperoleh rata-rata gain sebesar 0,475 untuk kelas kontrol dan 0,658 untuk kelas eksperimen, keduanya memperoleh kriteria peningkatan sedang. Analisis tanggapan siswa memperoleh persentase sebesar 91% yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Multimedia interaktif berbasis flash sebaiknya digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang dilakukan di laboratorium komputer agar didapatkan hasil yang maksimal.

Kata kunci: multimedia interaktif, flash, scan tool EFI, kompetensi dasar, engine management system

Keywords

multimedia interaktif; flash; scan tool EFI; kompetensi dasar; engine management system

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan Ke-15. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Edisi Revisi-16. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Domagk, S., Ruth N. Schwartz dan Jan L. Plass. 2010. Interactivity in Multimedia Learning: an Integrated Model. Computers in Human Behaviour 26: 1024-1033.

Hake, R.R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. Dept. of Physic, Indiana University

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran (Manual dan Digital). Bogor: Ghalia Indonesia.

Munir. 2013. Multimedia (Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Cetakan ke-2. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutirman. 2013. Media & Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License