KELAYAKAN PRODUK BEDAK DINGIN DARI AMPAS SUSU KEDELAI UNTUK MELEMBABKAN KULIT WAJAH

Zulfa Diah Pramudya(1), Maria Krisnawati(2), Erna Setyowati(3), Trisnani Widowati(4),


(1) 
(2) 
(3) 
(4) 

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan kelayakan bedak dingin dari ampas susu kedelai. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penilaian validasi produk oleh validator produk memiliki rata-rata 78% dengan kriteria layak. Hasil tingkat kesukaan memiliki rata-rata 77% dengan kriteria suka. Pada uji inderawi menunjukkan nilai rata-rata 82% dengan kriteria berkualitas sangat baik. Simpulan dari penelitian adalah produk bedak dingin dari ampas susu kedelai dinyatakan valid oleh validator produk serta melalui uji laboratorium, uji kesukaan, dan uji inderawi dan produk bedak dingin dari ampas susu kedelai dinyatakan layak digunakan dan berpengaruh setelah dilakukan uji klinis oleh panelis.

Keywords

bedak dingin; ampas susu kedelai; kulit wajah

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Cahyadi, Wisnu. 2012. Kedelai : Khasiat dan Teknologi. Jakarta : Bumi Aksara Hartoyo, Totok. 2007. Susu Kedelai dan Aplikasi Olahannya. Surabaya : Trubus Agrisarana.

Sri Susanti. 2006. Kajian Komposisi Kimia Ampas Kedelai Hasil Samping Pengolahan Kecap (e- Journal Volume 6 No 1).

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Cetakan 16. Alfabeta. Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.