Model Pendampingan Lanjut Usia Berbasis Home Care dalam Implementasi Pendidikan Vokasional

Tati Tati(1), Nenden Rani Rinekasari(2), Yoyoh Jubaedah(3),


(1) Program Studi PKK FPTK UPI
(2) Program Studi PKK FPTK UPI
(3) Program Studi PKK FPTK UPI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan layanan kesejahteraan sosial bagi lanjut usia di dalam kehidupan keluarga untuk mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan dalam kehidupan lanjut usia atau lansia. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Model Pendampingan Lanjut Usia Berbasis Home Care dalam Implementasi Pendidikan Vokasional. Pemecahan masalah dilakukan dengan menggunakan pendekatan Research and Development, melalui tahapan: Studi Pendahuluan, Pengembangan Model dan Validasi Model. Temuan dari penelitian ini, yaitu Model Pendampingan Lanjut Usia Berbasis Home Care dalam Implementasi Pendidikan Vokasional dirancang dalam bentuk program pendampingan berbasis Home Care bagi lansia tidak potensial, meliputi: aspek fisik, sosial, mental dan spiritual. Aspek fisik: a) Penyelenggaraan makanan lansia, b) Pakaian lansia, c) Kebersihan diri lansia, d) Mobilisasi lansia, e) Kebersihan kamar tidur lansia, dan f) Kesehatan lansia. Aspek Sosial: a) Komunikasi sosial lansia, b) Keikutsertaan atau partisipasi lansia dalam kegiatan masyarakat, dan c) Rekreasi lansia. Aspek Mental: a) Kecerdasan intelektual, b) Kecerdasan emosional, serta c) Kecerdasan moral. Aspek Spiritual: Bimbingan Keagamaan. Program pendampingan lanjut usia berbasis Home Care dirancang terdiri dari komponen: tujuan, sasaran, bentuk pendampingan, dan pelaksana program pendampingan; yang memiliki keunggulan pada peningkatan layanan sesuai kebutuhan lansia untuk mencapai kesejahteraan keluarga.

Keywords

Model; Pendampingan; Lanjut Usia; Home Care; Vokasional

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.