Analisis Tingkat Jiwa Wirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Busana UNNES

Diah Wulandari(1), Sri Endah Wahyuningsih(2),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat jiwa wirausaha mahasiswa program studi Pendidikan Tata Busana UNNES secara keseluruhan dan masing-masing angkatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Sampel berjumlah 112 dari 186 populasi yang terdiri dari mahasiswa aktif angkatan 2014, 2015, 2016, dan 2017. Metode pengumpulan data adalah kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa telah memiliki tingkat jiwa wirausaha tinggi (74,46%). Seluruh angkatan juga telah memiliki tingkat jiwa wirausaha tinggi dengan perolehan persentase dari yang tertinggi sebesar 75,56% (2017), 74,25% (2015), 74,22% (2016), 73,49% (2014). Simpulan mahasiswa secara keseluruhan dan dari masing-masing angkatn telah memiliki jiwa wirausaha yang tinggi. Saran bagi mahasiswa dapat lebih meningkatkan jiwa wirausaha dengan aktif mengikuti organisasi atau komunitas usaha dan melanjutkan usaha yang telah dibentuk saat mata kuliah, bagi program studi dapat membimbing yang bersifat psikologis untuk melatih mental serta meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa, dan bagi peneliti lain agar meneliti faktor yang mempengaruhi jiwa wirausaha mahasiswa.

Keywords

jiwa wirausaha, kewirausahaan, mahasiswa

Full Text:

PDF

References

Ditjen Pendidikan Tinggi. 2013. Kewirausahaan Modul Pembelajaran. Jakarta: Dikti.

Hanafiah, N. Z., M. A. Rizka. dan Herlina. 2017. Efektivitas Penyelenggaraan Program Pendidikan Kewirausahaan Melalui Pelatihan Pembuatan Keripik Jagung Manis (Kerja Mas). Jurnal Transformasi 3(2): 1-6.

Harfandi. 2014. Menggali Potensi Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa PTAIN di Sumatera Barat. Jurnal Al-‘Adl 7(2): 125-144.

Kemendikbud. 2014. Prakarya dan Kewirausahaan Untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Semester 1. Cetakan Pertama. Jakarta: Kemendikbud.

Kisbowoh. 2018. Dorong Pengembangan Wirausaha, Jurusan PKK FT UNNES Buka Galeri Busana. http://pkk.unnes.ac.id/uncategorized/dorong-pengembangan-wirausaha-jurusan-pkk-ft-unnes-buka-galeri-busana/. 13 Desember 2018 (5:07).

Kume, A., V. Kume. dan S. Assoc. 2013. Entreprenurial Characteristics Amongst University Students In Albania. European Scientific Journal 9(16): 206-225.

Moloi, P. K. dan Rapita. M. M. N. 2014. The Impact of Fashion Entrepreneurs’ Traits on the Succes of Fashion Businesses in the Gauteng Province In South Africa. Mediterranean Journal of Social Science 5(4): 78-86.

Mustaqim, M. 2017. Membangun Intensi Wirausaha Mahasiswa: Studi Pada Mahasiswa Prodi MBS dan ES STAIN Kudus. Jurnal Ekonomi Syariah 5(1): 134-149.

Nishanthi. 2014. Analysis of Entrepreurial Traits of The Small Business Owners In Sri Lanka. International Journal of Scientific and Research Publications 4(10): 1-7.

Petuguran, R. 2016. Profil Universitas Negeri Semarang. https://unnes.ac.id/tentang/. 13 Desember 2018 (5:18).

Santosa, I. 2014. Masalah dan Tantangan Pengembangan Kewirausahaan Pada Kalangan Mahasiswa di Indonesia. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan 3(3): 203-207.

Singh, R. dan H. Rahman. 2013. Entrepreneurs’Personality Traits and their Succes: An Empirical Analysis. Research Journal of Social Science & Management 3(7): 99-104.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke 22. Bandung: Alfabeta.

Sukirman. 2017. Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha Melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis 20(1) : 113-131.

Suryana. 2014. Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Edisi Keempat. Jakarta: Salemba Empat.

UNNES. 2017. Profil Program Studi Pendidikan Tata Busana (S1). https://unnes.ac.id/prodi/pendidikan-tata-busana-s1/. 13 Desember 2018 (5:58).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.